Persentase Penularan Covid-19 Bertambah, Satgas Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Masyarakat diminta waspada dan disiplin terapkan protokol kesehatan. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Masyarakat diminta senantiasa tetap waspada dan mengantisipasi penularan Covid-19. Hal ini karena jumlah penularan masih naik meskipun sebelumnya sempat turun.

“Awal ini naiknya signifikan hingga bertambah 17,8 persen dibanding pekan lalu,” kata juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi pers di Jakarta, Selasa(17/11).

Namun, di awal pekan ini kenaikan melonjak, jika biasanya hanya lima hingga delapan persen, kini 17,8 persen secara nasional. Berdasarkan analisis data Satgas Covid-19 sejak 15 November 2020.

Menurut Wiku, bertambahnya jumlah pasien positif harus menjadi perhatian bersama. Sekaligus, mengingatkan masyarakat jika pandemi masih berlangsung.

“Mohon ini jadi perhatian bersama. Ini perkembangan yang kurang baik, karena kasus positif terus mengalami peningkatan,” kata Wiku.

Peningkatan kasus Covid-19 juga terlihat dari lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus tertinggi. Hal ini tampak di Jawa Tengah yang mencatatkan kenaikan kasus Covid-19 terbanyak yakni 2.377 kasus. Padahal, di pekan sebelumnya kenaikan terbanyak hanya 919 kasus di Jawa Tengah.

Empat provinsi lain yang mengalami kenaikan kasus Covid-19 terbanyak adalah Jawa Barat, yakni 875 kasus, DKI Jakarta 778 kasus, Banten 262 kasus dan Lampung 204 kasus.

“Lima provinsi dengan kenaikan kasus Covid-19 terbanyak itu, harus diberikan perhatian khusus, sebab lima provinsi itu juga memiliki kota-kota dengan kepadatan tinggi dan aktivitas sosial ekonomi yang telah bergulir kembali,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here