Indonesiainside.id
No Result
View All Result
Minggu, 14 Agustus 2022
  • Home
  • Populer
  • Haji 2022
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • Haji 2022
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home News Nasional

Kerusakan Rel Kereta Api Kini Bisa Dipantau Setiap Saat, Caranya Begini

Eko Pujianto
Selasa, 26/01/2021 19:18
Perbaikan jalur rel kereta api. Foto: Antara

Perbaikan jalur rel kereta api. Foto: Antara

Bagikan di FacebookBagikan di Twitter

Indonesiainside.id, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun alat sensor untuk mendeteksi kerusakan rel secara real time atau setiap saat sebagai wujud dari program langkah solutif pada 2021.

Tahun ini, KAI juga membuka hak penamaan (naming right) stasiun KA sebagai langkah kolaboratif.

“Dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, KAI akan mengembangkan alat berbasis sensor inersial untuk mendeteksi kerusakan rel secara real time. Akan dilakukan pemasangan sensor pada kereta untuk mendeteksi getaran dari kondisi jalur yang dilalui sehingga potensi-potensi kerusakan jalur KA dapat diketahui lebih awal,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Pengembangan alat sendor tersebut merupakan upaya untuk menerapkan sistem manajemen pengamanan sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 dan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2019.

Baca Juga:

Menhub: Kereta Api Bogor – Sukabumi Segera Beroperasi

Selama Libur Natal, 146 Ribu Orang Pergi dengan Kereta Api

Selain itu, KAI akan mengimplementasikan fatigue risk management system. Sistem ini ditujukan untuk mengukur, mengurangi, dan mengelola risiko kelelahan yang dirasakan oleh petugas. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan petugas dan perjalanan kereta api.

Program solutif juga akan KAI terapkan di bidang pengembangan SDM. Tahun ini KAI membangun integrated talent management system (ITMS) untuk memetakan dan mengelola calon pemimpin KAI di masa depan yang berkarakter, berkompeten, dan berdaya saing di lingkungan BUMN.

Untuk menghadapi tren masa depan dan pengembangan bisnis, KAI mengembangkan kapabilitas baru bagi para pegawainya di bidang digital, properti, pendanaan proyek, manajemen dan logistik.

“Dalam hal pengembangan bisnis perusahaan, KAI akan mengembangkan kawasan-kawasan stasiun, menyusun kajian potensi angkutan penumpang di kawasan perkotaan, serta menyusun kajian potensi angkutan barang di kawasan pelabuhan dan industri,” kata Didiek.

Sementara langkah selanjutnya yang KAI lakukan agar dapat bangkit dan terus tumbuh pada 2021 adalah kolaboratif, yakni membangun kerja sama yang sinergis. Langkah kolaboratif ini menunjukkan bahwa KAI terbuka untuk melakukan kerja sama dengan berbagai pihak guna menghasilkan nilai tambah.

Langkah kolaboratif akan KAI lakukan di antaranya pada angkutan barang. KAI akan melakukan optimalisasi angkutan dan menjalin kerja sama-kerja sama baru dengan para pelaku usaha untuk meningkatkan volume angkutan barang.

Dari sisi pengusahaan aset, KAI akan menawarkan hak penamaan (naming right) stasiun untuk memberikan kesempatan kepada mitra yang ingin mem-branding stasiun yang KAI kelola dengan brand atau produknya. Saat ini kerja sama seperti itu sudah diterapkan pada Stasiun BNI City di Jakarta.

“Selain itu, KAI akan melakukan pemasaran space di stasiun, periklanan di KAI Access, dan pengikatan kerja sama fiber optik dan pipa gas di jalur KA,” kata Didiek.

Sedangkan langkah kolaboratif untuk pengamanan aset berupa tanah dan bangunan, tetap KAI lakukan pada tahun ini. Langkah itu berupa pendekatan secara persuasif kepada para penghuni agar mau melakukan kontrak sewa, penertiban bekerja sama dengan aparat penegak hukum seperti kejaksaan untuk supervisi dan pendampingan, dan penyertifikatan bekerja sama dengan Kementerian ATR/BPM RI dan kantor BPN.

Diharapkan pada 2021 KAI dapat memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi dan logistik dengan semangat adaptif, solutif, dan kolaboratif untuk Indonesia.

“KAI harus survive di tengah pandemi. Agar perusahaan bisa sustainable, kami tetap melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendapatan dari berbagai lini bisnis yang KAI kelola. Bangkitnya KAI juga akan turut membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata Didiek.(EP/Ant)

 

Tags: KAIkereta apirel kereta api
Berita Sebelumnya

Jumlah Kematian Pasien Covid di NTT Bertambah Delapan Orang

Berita Selanjutnya

Lanud Haluoleo Kirim 5 Ton Bantuan Kemanusiaan Tahap II Bagi Korban Gempa Sulbar

Rekomendasi Berita

Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang
Headline

Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang

13/08/2022
Vaksinasi Bukan Obat, Menkes Minta Kepala Daerah Waspada
Headline

Vaksinasi Bukan Obat, Menkes Minta Kepala Daerah Waspada

13/08/2022
Susi Anggap Subsidi BBM bagi Nelayan Kecil Diambil Pencuri Ikan, Komisi IV DPR: Perlu Diluruskan
Headline

Susi Anggap Subsidi BBM bagi Nelayan Kecil Diambil Pencuri Ikan, Komisi IV DPR: Perlu Diluruskan

11/08/2022
Presiden Sayangkan Banyak WNI Berobat ke Luar Negeri, DPR: Perbaiki Kualitas Pelayanan Kesehatan!
Headline

Presiden Sayangkan Banyak WNI Berobat ke Luar Negeri, DPR: Perbaiki Kualitas Pelayanan Kesehatan!

11/08/2022
Menteri Basuki Serah Terima 300 Unit Huntap di Pulau Adonara Flores Timur
Nasional

Menteri Basuki Serah Terima 300 Unit Huntap di Pulau Adonara Flores Timur

05/08/2022
Menaker: Selektif Pilih Pekerjaan ke Luar Negeri
Nasional

Menaker Minta Masyakarat Tidak Jadi Penonton Pembangunan IKN

05/08/2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Penulis Ayat-Ayat Setan Matanya Buta Setelah Ditikam

13/08/2022 10:15

Tak Perlu Menunggu Satu Nyawa Hilang di Rumah Pejabat

13/08/2022 08:47

Peluk Haru dan Cium Kening Sang Jenderal

13/08/2022 14:25

Risalah

Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi
Headline

Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi

13/08/2022
Mubahalah Berefek Domino
Headline

Tak Perlu Menunggu Satu Nyawa Hilang di Rumah Pejabat

13/08/2022
Para Penjaga Neraka
Risalah

Kedalaman Neraka dan Orang-Orang yang Memasukinya

13/08/2022
3 Ayat Pengingat Kematian: Tak Seorang pun Bisa Lari Darinya
Headline

3 Ayat Pengingat Kematian: Tak Seorang pun Bisa Lari Darinya

12/08/2022

Berita Terkini

Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi

Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi

13/08/2022 16:42
Peluk Haru dan Cium Kening Sang Jenderal

Peluk Haru dan Cium Kening Sang Jenderal

13/08/2022 14:25
Tentara Israel Kembali Tembaki Wartawan

Tentara Israel Kembali Tembaki Wartawan

13/08/2022 14:05
Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang

Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang

13/08/2022 14:00
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Media Monitoring
  • Iklan
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
Indonesiainside.id

© 2022 MediatrustPR. All right reserved

No Result
View All Result
  • Home
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Serba-serbi
    • Foto
    • Pojok
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2022 MediatrustPR. All right reserved