Istri Wagub Sumut: Ditindas, Muslim Uighur tetap Istikamah

Oleh: Hendrik Hutabarat

Kecaman atas penindasan yang dialami umat Islam Uighur di Cina terus disuarakan dengan lantang. Kali ini, datang dari istri Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, Sri Ayu Mihari. Dia mengecam kekerasan tersebut dan mengajak umat Islam peduli dengan kondisi mereka.

Indonesiainside.id, Medan – Istri Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, Sri Ayu Mihari, angkat bicara terkait penindasan terhadap muslim Uighur di Cina. Selain prihatin dan sedih dengan kondisi mereka, Ayu tak lupa mengambil hikmah dari tragedi kemanusiaan tersebut.

Menurut dia, muslim Uighur tetap istikamah meski sedang ditindas. Kekokohan akidah suku Uighur terhadap Islam begitu kuat sehingga patut menjadi contoh bagi umat Islam. “Bangsa Uighur mengajarkan bagaimana perjuangan mempertahankan pendirian yang kokoh. Di dalam kondisi sesulit itu, mereka tetap istikamah sehingga meningkatkan ketakwaan kepada Allah,” katanya saat memberi sambutan pada diskusi terbatas para tokoh muslimah bertema ‘Saatnya Umat Islam Belajar dari Uighur’ di Hotel Garuda Plaza, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Jumat (11/1/2019).

Diketahui, terjadi penahanan massal tanpa proses hukum sekitar satu juta masyarakat Uighur, Kazakhstan, dan minoritas muslim lainnya di Xinjiang, Cina. Mereka tak hanya dipenjara tanpa dakwaan dan dipaksa meneriakkan slogan Partai Komunis. Namun, mereka juga ditindas dan tidak diberi makanan yang cukup.

Ayu mengatakan, kepedulian terhadap muslim Uighur adalah wajib bagi setiap umat manusia. Terlebih bagi umat Islam, tak ada pilihan selain ikut menolong mereka yang tertindas, diperlakukan tidak adil, serta tertimpa musibah dan kesulitan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here