Kalahkan 130 Negara, Pelajar Makassar Juara Lomba Komik Dunia

Rizka Raisa Fatimah Ramli, siswa asal Makassar. Foto: Istimewa.

Oleh: Risman

Komik karya Rizka Raisa Fatimah Ramli, siswa berusia 17 tahun asal Makassar berhasil menjuarai lomba komik dunia yang diikuti hampir 3.600 karya yang dikirim lebih 130 negara.

Indonesiainside.id, Makassar — Siapa yang tidak kenal superhero seperti Spiderman, Batman, Superman? Sayangnya, dari superhero dunia, tidak pernah kita saksikan sekalipun menyentuh kehidupan sekolah. Terlebih kekerasan dan perundungan (bullying) dalam kesenyapan di sekolah.

Bukan berarti tak percaya pada tokoh komik superhero dunia. Rizka Raisa Fatimah Ramli, siswa asal Makassar, punya cerita sendiri bagaimana menaklukkan kekerasan dan bullying yang menimpa para pelajar. Siswa berusia 17 tahun ini mengangkat tokoh dalam komiknya bernama Cipta.

Karya fiksinya itu berhasil menjuarai lomba komik dunia yang diselenggarakan oleh UNICEF dan Comics Uniting Nations. Lomba ini memang bertujuan untuk membantu dan menjaga anak-anak dan remaja dari kekerasan di dalam dan luar sekolah.

Lomba komik dunia ini diikuti hampir 3.600 karya yang dikirim lebih 130 negara. Pemenangnya ditentukan dari 23.000 suara yang ikut memiliih di situs web.

Lomba komik, yang diluncurkan oleh UNICEF dan Comics Uniting Nations pada Oktober 2018, mengajak anak-anak dan remaja menciptakan superhero komik untuk mengalahkan The Silence (Sang Senyap).

Sebuah karakter supranatural yang menggunakan kekuatan untuk menghentikan anak-anak yang ingin berbicara dan mengambil tindakan melawan kekerasan di sekitar sekolah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here