Orang-Orang Ini Tugasnya Cari Terobosan Untuk Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melantik 37 anggota Dewan Riset Daerah 5 Maret 2019. Foto : KMM

Oleh : Eko P |

DRD menjadi tempat berkumpulnya para pakar di bidangnya untuk memberikan terobosan terhadap berbagai macam persoalan Jakarta.

Indonesiainside.id, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi DKI Jakarta periode 2018-2022. Gubernur berharap melalui inovasi dan terobosan yang dibuat akan mampu menyelesaikan berbagai masalah di Jakarta.

“Hari ini kita telah mengukuhkan 37 Anggota Dewan Riset Daerah. Mereka sudah melalui proses seleksi untuk bertugas di sini,” kata Anies di Balaikota Jakarta, Selasa (5/3).

Anies berharap DRD ini bisa ikut memberikan terobosan untuk menyelesaikan masalah di Jakarta. Selain itu menjadi salah satu percontohan di dalam pengelolaan masyarakat yang berkeadilan, berkemajuan dan memberikan peluang terobosan atau inovasi.

“”Kita membutuhkan mereka untuk memberikan alternatif solusi dengan menggunakan berbagai riset dan kajian. Jadi orientasinya adalah masalah-masalah di Jakarta perlu penawaran solusi,” ujarnya.

DRD diharapkan mampu merumuskan strategi pengembangan pembangunan Jakarta melalui pendekatan kajian ilmu pengetahuan dan memberikan pertimbangan secara kritis dan kreatif.

“Selanjutnya inovatif untuk pengambilan kebijakan di bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kompetensi para anggota DRD DKI Jakarta,” katanya.

“Pekerjaan rumah kita banyak, tapi kita berharap hal-hal yang paling mendasar, kebutuhan air, akses kesehatan, pendidikan, hunian, dan kebutuhan atas ruang interaksi publik untuk membangun kebersamaan atau kesetaraan dalam kota ini,” kata Anies.

Gubernur berharap muncul terobosan-terobosan yang membuat Jakarta menjadi maju kotanya dan bahagia warganya. Bila itu tercapai, Insya Allah bisa sampaikan kepada semuanya bahwa Jakarta milik semua.

Keberadaan DRD Provinsi DKI Jakarta ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 143 Tahun 2019, berikut ini nama-nama anggota DRD yang dikukuhkan Anies Baswedan.

1. Heru Susetyo
2. Eman Sulaeman Nasim
3. Nurul Taufiqu Rohman
4. Faransyah Agung Jaya
5. Mohammad Salah Nurzaman
6. Eddi Junaidi
7. Sunarsip
8. Kemas Ridwan Kurniawan
9. Djoni Hartono
10. Joko Adianto
11. Emir Riza
12. Dadang Solihin
13. Adhamaski Pangeran
14. Khoirunnurrofik
15. Pratiwi Pujilestari
16. Roestiadi Tsamanov
17. Sukma Widyanti
18. Anang Kelanajaya
19. Suwardi Hagani
20. Gilang Satriya
21. Arie Mufti
22. Ady Rizalsyah
23. Ubaidillah
24. Ibnu Tadji
25. Erick Yusuf
26. Berly Martawadya
27. Chotib
28. Isroil Samihardjo
29. Andi Rahma
30. Iwan Setiawan
31. Alsa Dokmauly
32. Teddy Rionaldi
33. M Fausal Kahar
34. Jaizuluddin Mahmud
35. Ing Widodo Setyo
36. Priyadi Priyautama
37. Susy Yunia

(EPJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here