Pemprov Jateng Akan Gelar Apel Kebangsaan, 1.300 Aparat Disiagakan

Gubernur Ganjar Pranowo menerima Sekda Jateng, Asisten Pembangunan dan Kesra, yang melaporkan kesiapan acara Apel dan Orasi Kebangsaan "Kami Merah Putih" di Puri Gedeh, Semarang, Kamis (14/3). Foto: Istimewa

Oleh: Agus Susilo |

Indonesiainside.id, Semarang — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menggelar Apel Kebangsaan “Kita Merah Putih” yang akan digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang, Ahad (17/3). Acara ini akan melibatkan ratusan massa dari berbagai elemen dengan penjagaan sebanyak 1.300 aparat keamanan.

Sejumlah tokoh diundang hadir untuk mengisi orasi kebangsaan. Di antaranya Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KH Maimoen Zubair, Mahfud MD, dan Habib Luthfi. Sejumlah rohaniawan juga diundang seperti Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Surahart (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi).

Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha mengatakan, personel keamanan yang disiapkan berasal dari tim gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng, dan Pemkot Semarang. Tim keamanan berasal dari gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang.

“Dengan rincian, 800 personel keamanan dari Polri, 300 personel dari TNI dan sisanya dari Satpol PP serta Dishub Pemprov dan Pemkot,” kata Iga saat audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (14/3).

Dia menerangkan, seluruh tim pengamanan nantinya akan bertugas di sejumlah titik. Beberapa di antara mereka bertugas mengamankan panggung utama dan tiga panggung pendukung, di lokasi parkir dan bergerak dinamis di lokasi acara.

“Di tenda utama dan VVIP kami juga siapkan tim khusus yang melakukan pengamanan secara tertutup dan terbuka. Di kantong-kantong parkir juga kami siapkan pasukan,” terangnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here