382 Tim Ikuti Lomba Dayung Tradisional di Batang Jateng

Suasana lomba dayung tradisional yang diselenggarakan di Kabupaten Batang untuk memeriahkan Lebaran 1440 H. (Foto: istimewa)

Oleh : Kurniawan (kontributor)

Indonesiainiside.id, Batang – Sebanyak 382 tim dayung ikut serta dalam lomba dayung tradisional, di Desa Klidang, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis ( 6/6). Lomba ini salah satu kegiatan memeriahkan lebaran tahun ini dan menjadi kalender wisata Kabupaten Batang.

Lomba dayung ini akan berlangsung hingga 10 Juni 2019, mendatang. Selain sebagai ajang melestarikan transportasi lokal, lomba dayung ini juga sebagai sarana pengembangan olahraga air.

“Saya berharap agar arena lomba dayung tradisional ini berlangsung lebih baik dari tahun sebelumnya. Saat ini kondisi air sungainya juga lebih bersih. Oleh panitia penyelenggara, penonton pun merasa makin nyaman, karena dibuatkan tribun,” kata Bupati Batang Wihaji.

Sebagai agenda wisata Kabupaten Batang, Wihaji menagatakan, penyelenggaraan acara ini perlu adanya kerjasama dengan semua pihak. Mulai dari Pemkab dengan Pemerintah Provinsi, kemudian Pemerintah Kecamatan, desa dan para pengusaha kapal. Karena usernya adalah para pengusaha kapa.

Menyinggung pawai nelayan tradisional yang kini berhenti diselenggarakan , Bupati Wihaji meminta agar tradisi tersebut dihidupkan.

“Pawai nelayan tradisional yang biasa dilaksanakan sebelum lomba dayung itu, perlu dihidupkan kembali, agar lebih ramai,” ujar Wihaji.

Seusai membuka resmi lomba, Wihaji bersama Wakapolres Batang Kompol Hartono bahkan menyempatkan diri, bergabung dalam salah satu regu, ikut berlaga dalam lomba dayung tradisional, melawan tim dari Dinas Pariwisata. (Sug/Ima/INI-Network)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here