Jateng Alokasikan Rp10 Miliar Untuk 10 Ribu Siswa Miskin

siswa-sd
Ilustrasi siswa sekolah dasar. (Foto: ant)

Oleh: Agus Susilo

Indonesiainside.id, Semarang –  Tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan dana sebesar Rp10 miliar untuk beasiswa pendidikan. Dana ini akan disalurkan kepada 10.000 siswa miskin di Jateng. Pengalokasian dana ini adalah program untuk mengantisipasi siswa putus sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Jumeri mengatakan 10.000 beasiswa tersebut disiapkan untuk siswa SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta di Jateng. Rinciannya, 1.000 beasiswa diberikan untuk siswa SLB, 4.000 beasiswa untuk siswa SMA dan 5.000 beasiswa untuk siswa SMK.

“Tahun ini kami menyiapkan 10.000 beasiswa untuk siswa miskin di Jateng. Nantinya, peranak akan mendapatkan beasiswa Rp1 juta pertahun,” kata Jumeri, Kamis (25/7).

Beasiswa tersebut lanjut dia bersumber dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) Pemprov Jateng. Selain BSM, ada beberapa program beasiswa lain seperti Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk sekolah negeri dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) untuk sekolah swasta.

Baca Juga:  Modus Pura-Pura Meninggal, Tilap Duit Negara Ratusan Juta

“Selain itu, ada pula program beasiswa dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Jateng. Itu jumlahnya justru lebih besar dari BSM, yakni Rp2,4 juta peranak pertahun,” terangnya.

Dengan sejumlah beasiswa yang disediakan itu lanjut dia, tidak ada alasan lagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya karena kekurangan biaya.

“Beasiswa-beasiswa itu untuk semua siswa, baik sekolah negeri maupun swasta. Jadi yang saat kemarin PPDB banyak orang tua mengeluh tidak bisa menyekolahkan anaknya ke swasta karena tidak kebagian sekolah negeri, bisa mengajukan beasiswa itu,” terangnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here