Dialog 53 Negara Afrika di Bali Dipastikan Tanpa Kantong Plastik

Desra
Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI Desra. Foto: Istimewa

Oleh: Ari 

Indonesiainside.id, Denpasar – Dialog 53 negara dengan jumlah peserta mencapai ratusan orang akan digelar di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, pada 20-21 Agustus 2019 mendatang. Pertemuan Indonesia Africa Infrastructure Dialogue ini dipastikan tanpa kantong plastik.

Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu RI Desra Percaya mengatakan, acara Indonesia Africa Infrastructure Dialogue akan diikuti total 700 peserta. Dia berharap melalui acara ini bukan saja akan berdampak terhadap kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Afrika yang signifikan.

Diharapkan juga berdampak secara lokal kepada masyarakat Bali sebagai tuan rumah. Acara ini mengalokasikan tempat khusus untuk pameran UMKM lokal. Acara yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo ini juga sangat potensial menjaring pasar nonkonvensional.

“Batik misalnya sangat populer di Afrika karena Nelson Mandela,” kata Desra Percaya.

Dalam acara ini juga dipastikan tanpa ada plastik sekali pakai. Hal ini sebagai dukungan terhadap Pemprov Bali yang sedang gencar melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Pada audiensi ini, Dirjen dan timnya secara khusus mengundang Gubernur Bali Wayan Koster untuk menghadiri acara ‘Indonesia Africa Infrastructure Dialogue’ yang akan diselenggarakan pada tanggal Di mana pada gelaran tersebut, direncanakan tidak menggunakan plastik sekali pakai.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi rencana panitia yang tidak akan menggunakan plastik sekali pakai. Dia berharap pertemuan ini juga bisa mendukung kampanye pembatasan sampah plastik sekali pakai sesuai Pergub Bali No. 97 Tahun 2018.

“Di Bali sudah banyak produk pengganti plastik sekali pakai seperti pipet bambu dan produk lainnya,” kata Koster.

Gubernur juga menyambut baik acara pertemuan internasional yang akan digelar di Bali ini, serta mengharapkan produk lokal seperti Kopi Bali bisa mendapat tempat serta menarik minat para peserta.

Desra Percaya memuji langkah Bali melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Hal ini mengemuka saat kunjungan mereka di Ruang Tamu Gubernur Bali, Kantor Gubernur Bali, Denpasar.

Mereka memuji langkah Bali yang bahkan sudah menerapkannya dalam Kebijakan strategis berupa Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. (Aza/Ari/INI Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here