Polwan Kenakan Jilbab Putih Sambut Demonstran di Medan

aksi mahasiswa
Polwan di Medan kenakan jilbab putih. Foto: Daniel P/INI Network

Oleh: Daniel P

Indonesiainside.id, Medan – Para demonstran di Medan disambut seratusan polisi wanita (polwan) yang mengenakan jilbab putih. Ini bagian dari upaya polisi untuk melakukan pendekatan humanis dan persuasif kepada para demonstran dalam aksi susulan di gedung DPRD Sumut, Jumat (27/9).

Selain mahasiswa, pelajar SMA/SMK di Medan juga dikabarkan turun ke jalan. Pantauan di lokasi, polwan dari Polrestabes Medan dan Polda Sumut itu kompak mengenakan jilbab putih. Mereka siap menghadapi para pengunjuk rasa.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto mengkonfirmasi penggunaan jilbab putih para polwan itu. “Mereka ini negosiator, untuk menghadapi adik-adik mahasiswa,” katanya.

Dia menjelaskan, para polwan itu sengaja mengenakan jilbab putih sebagai tanda bahwa polisi melayani mahasiswa dengan tulus dan ikhlas. Selain itu, dengan mengenakan jilbab putih, personel lain bisa melihat dengan jelas gerakan para polwan itu.

“Ini kami lakukan untuk mengedepankan langkah-langkah humanis dalam pengamanan unjuk rasa,” tandasnya.

Dia berharap, aksi unjuk rasa mahasiswa kali ini tak berujung anarkis seperti selasa kemarin. Begitupun, pengamanan tetap diperketat.

Adapun rencana aksi mahasiswa hari ini, tuntutan mereka masih tetap sama. Mereka menolak pengesahan UU KPK, RKUHP, serta menuntut pembebasan rekan mereka yang hingga kini masih ditahan di Polda Sumut. (Far/Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here