BNNP Sumsel Musnahkan Shabu dan Ekstasi dengan Campuran Detergen

Baca Juga:

Oleh: Rio AP

Indonesiainside.id, Palembang – Sebanyak 43 kilogram sabu dan 27.368 pil ekstasi dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan pada Selasa (1/10). Pemusnahan itu dilakukan dengan cara memasukkan shabu dan ekstasi ke dalam tong, dicampur air dan detergen, lalu diaduk memakai bor yang telah dimodifikasi, kemudian dibuang ke saluran pembuangan.

Puluhan kilogram sabu dan puluhan ribu pil ekstasi tersebut merupakan hasil ungkap kasus jaringan yang disita dari empat tersangka dengan dua perkara berbeda, yakni tersangka Yuswadi, Andi Eka Putra alias Togar dan Uzama alias Saka pada 7 Agustus lalu.

Yang mana, barang haram tersebut dipasok dari Malaysia berinisial M (DPO) melalui Batam dan kemudian disalurkan melalui Tembilahan, Provinsi Riau oleh tersangka Usama alias Saka.

Namun, sebelum didistribusikan ke sejumlah wilayah di Sumatera Selatan dan Lampung, narkoba itu terlebih dahulu disimpan di sebuah gudang yang disewa tersangka Andi Eka alias Togar di Jalan Lingkungan IV, Desa Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Dalam perkara berbeda, Tim Pemberantasan BNNP Sumatera Selatan, mengamankan Michael Kosasih alias Miki di halaman parkir KFC samping Flyover Simpang Bandara, KM 10, Kecamatan Sukarame Palembang pada 26 Agustus lalu.

Dari tangan tersangka turut diamankan barang bukti berupa 20 kilogram sabu dan 18.800 butir pil ekstasi yang turut dimusnahkan dalam kegiatan tersebut.

Kepala BNNP Sumatera Selatan, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, mengatakan, pemusnahan dilakukan atas penanganan perkara sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Kita musnahkan barang bukti sabu seberat 43 kilogram yang ditangkap dalam waktu berbeda. Dengan ini ada 200.000 orang lebih dapat diselamatkan dari bahaya narkoba,” ujarnya. (RAP/PS/INI Network)

Rekomendasi Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Populer

Risalah

Berita Terkini