Kemarau Panjang, Warga Keruk Sungai Demi Dapatkan Air Bersih

kemarau panjang
Warga mengambil air dari sumur galian di Desa Simo, Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (25/9). Foto: Antara

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id, Bangka – Kemarau panjang membuat warga di Dusun Air Medang, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber air baku beberapa bulan ini.

“Keluhan warga saat ini mereka kesulitan mendapatkan air baku dan bersih, tentu ini menjadi perhatian kami,” kata anggota DPRD Bangka Tengah, Subandri saat berkunjung ke Dusun Air Medang, Kamis (3/10).

Ia menjelaskan, di antara upaya untuk mengatasi krisis air bersih di dusun tersebut adalah melakukan pengerukan di tempat pemandian umum yang sekarang kondisinya juga sudah kering.

“Sumber air itu ada di tempat pemandian umum yang selama ini selalu digunakan mayoritas masyarakat setempat, namun kondisi sekarang sudah kering,” ujarnya.

Subandri menawarkan kepada warga untuk melakukan pengerukan dengan menggunakan alat berat guna mencari mata air sebagai sumber air bersih bagi warga.

“Memang ada warga meminta itu dikeruk lebih dalam lagi untuk mendapatkan air bersih, saya setuju demikian dan dalam waktu dekat akan mengirim satu alat berat dan sejumlah pekerja untuk melakukan pengerukan,” ujarnya.

Subandri mengaku biaya pengerukan menggunakan anggaran pribadi, belum menggunakan APBD karena dirinya baru saja terpilih dan dilantik sebagai anggota legislator.

“Ini biaya saya pribadi yang penting atasi dulu masalah kekeringan air yang menimpa warga dusun ini. Nanti ke depan tentu diatur dalam penganggaran,” ujarnya

Kemarau panjang juga menyebabkan di Jawa kesulitan air bersih. Hal ini tampak di Daerah Aliran Sungai Wiroko di Kecamatan Tirtomoyo yang mengering. Warga terpaksa menggali sungai demi mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

“Biasanya kalau kemarau memang kering, tapi tidak separah ini,” kata Samijan (45), Rabu (2/10).

Warga yang menggali dasar sungai menggunakan pompa air untuk kebutuhan sehari-hari dan juga lahan pertanian. (EP/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here