Harga Tomat di Manado Naik Lebih dari 500 Persen

Ilustrasi lonjakan harga tomat di Manado. Foto: sitimewa

Oleh: Ronald Ginting

Indonesiainside.id, Manado – Sejumlah ibu rumah tangga di Sulawesi Utara mengeluhkan mahalnya harga tomat di pasar kota Manado. Tirza, warga Kombos, Manado, heran dengan harga tomat di Pasar Bersehati yang menyentuh harga Rp16.000 per Kilogram (Kg).

“Mahal sekali tomat sekarang. Naiknya drastis dari Rp3.000 ke Rp16.000,” ujar Tirza.

Hal yang sama dialami oleh Christin, warga Wanea. “Saya tak sangka harga tomat di Pasar Pinasungkulan bisa sampai Rp18.000,” kata Christin keheranan.

Saat pantauan di pasar, ternyata benar harga tomat meningkat 500% sepanjang satu bulan terakhir. Conny, pedagang tomat di Pasar Bersehati Kota Manado menuturkan harga jual ke pembeli mulai dari Rp16.000 per kg sampai dengan Rp18.000 per kg. “Harganya naik sudah sebulan ini pak,” ucap Conny. “Harga normalnya padahal cuma Rp3.000,” lanjut Conny.

Aldri, pedagang tomat di Pasar Pinasungkulan Kota Manado berujar kenaikan harga tomat sempat menyentuh Rp20.000 per Kg. Tapi, lanjut Aldri, harga sudah turun ke Rp18.000 per Kg.

“Pasokannya cukup banyak, namun harga ke petaninya terlalu tinggi,” jelasnya menambahkan.

Disampaikan Aldri, walau harga mahal tapi yang membeli tetap banyak. “Tapi sedih saya karena hampir setiap hari, pembelinya mengeluh dulu baru membeli,” tukas Aldri sambil mengharapkan harga tomat akan normal kembali.

Sementara, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara belum memberi keterangan saat ditanya tentang lonjakan harga tomat ini.(RTG/PS/INI Network)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here