Sebelum Jadi Ibu Kota, Pemkab Penajam Paser Utara akan Tekan Angka Kemiskinan

Kantor Bupati Penajam Paser Utara
Kantor Bupati Penajam Paser Utara. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Penajam – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus berjuang menurunkan angka kemiskinan. Pada 2018 penduduk kurang mampu di daerah itu tercatat 11.760 jiwa.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam, saat ditemui, Senin (18/11), mengatakan perlu persepsi dan pemikiran bersama dalam menangani kemiskinan di wilayah Penajam Paser Utara. Kabupaten Penajam Paser Utara berada di posisi kelima dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Wilayah ini akan menjadi ibu kota baru Indonesia, menggantikan Jakarta. Pengurangan jumlah penduduk miskin sangat ditekankan, sebelum nanti menjadi ibu kota. Saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 157.711 jiwa.

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan atau TKPK Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut Hamdam, harus cermat dalam melakukan penanggulangan kemiskinan. Penanganan kemiskinan tersebut menjadi tanggung jawab bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Jika program kemiskinan di masing-masing (OPD) atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dapat dijalankan dengan maksimal, pasti angka kemiskinan dapat diturunkan. Kami berharap mampu memberikan nilai positif untuk mengurangi angka kemiskinan,” ucap ketua TKPK Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut.

Hamdam juga berharap sejumlah bantuan bagi masyarakat kurang mampu yang sedang berjalan maupun yang belum tersalurkan di Kabupaten Penajam Paser Utara benar-benar tepat sasaran. Bantuan yang bersumber dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun dari pemerintah pusat sanngat diharapkan bisa tepat sasaran.

Dia minta, jangan ada lagi keluarga mampu masih menerima bantuan. Sebaliknya jangan ada masyarakat yang berhak menerima bantuan tetapi justru tidak mendapatkan bantuan itu.

Oleh karena itu, tuturnya, program penanganan kemiskinan di Kabupaten Penajam Paser Utara harus terus diperbaharui. Ini agar tepat sasaran sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here