Mau Jadi Ibu Kota, Pemkab Penajam Mutasi Ratusan PNS

Ilustrasi PNS di sebuah kantor pemerintahan. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Penajam – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana akan melakukan mutasi terhadap lebih kurang ratusan pegawai yang pelaksanaannya menunggu instruksi kepala daerah setempat. Penajam Paser Utara merupakan salah satu wilayah calon ibu kota baru yang direncanakan Presiden Joko Widodo.

“Data pegawai untuk melakukan mutasi atau pergeseran sedang disusun,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin, Jumat(6/12).

Rencana pergeseran pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus bergulir, dan pegawai terbanyak masuk gerbong mutasi dari kalangan pejabat eselon III dan IV.

Rotasi pegawai tersebut menurut Khairuddin, direncanakan meliputi pejabat eselon II, III dan IV, dan data pegawai yang akan dimutasi masih disusun Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

“Eselon yang akan digeser meliputi II, III dan IV, yang pasti pergeseran pegawai itu terbanyak pada eselon III dan IV,” ungkapnya.

Jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan dirotasi tersebut lanjut Khairuddin, sekitar seratus orang.

Namun untuk pelaksanaan mutasi kata dia, masih menunggu arahan dari Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud. “Kami masih menunggu arahan lebih lanjut dari Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian untuk melakukan mutasi,” ucapnya.

“Pelaksanaan mutasi tunggu instruksi kepala daerah, kalau Bupati perintahkan pekan depan berarti pekan depan mutasi,” tambah Khairuddin.

Sementara untuk pengisian jabatan kepala dinas yang masih kosong, BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengajukan rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melakukan lelang jabatan.

“Untuk pengisian jabatan eselon II yang masih kosong sudah diajukan rekomendasi untuk melaksanakan ‘open bidding’ atau lelang jabatan kepada KASN,” jelas Khairuddin. (EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here