PT IKPP Klaim Sudah Terapkan Sistem Keselamatan Berstandar Internasional

Suasana pemakaman korban kecelakaan kerja PT IKPP Perawang. Foto: ANTARA

Indonesiainide.id, Pekanbaru – Mesin raksasa milik perusahaan kertas di Kabupaten Siak, Riau, PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) memakan korban. Salah seorang karyawan bernama Marlis (51), tewas secara mengenaskan setelah masuk ke dalam mesin penghancur kayu. Tubuhnya hancur dilumat mesin hingga tak berbentuk.

Menanggapi peristiwa yang terjadi di perusahaannya itu, manajemen PT IKPP mengatakan bahwa pihaknya selalu memberikan pemahaman kepada setiap karyawan terhadap risiko dan bahwa saat berada di areal kerja.

“IKPP menerapkan Sistem manajemen K3 atau Occupational Health and Safety Management System (OHSMS) yang selalu mengutamakan pengembangan dan peningkatan pemahaman (awareness) mengenai potensi bahaya dan risiko di areal kerja kepada seluruh karyawan,” ujar Humas PT IKPP, Armadi, saat dikonfirmasi Indonesiainside.id, Kamis (12/12) siang.

Armadi juga mengklaim bahwa pihaknya telah menerapkan sistem keselamatan yang berstandar internasional kepada setiap pekerjaannya.

“Seluruh pekerja telah dibekali kemampuan, pengetahuan dan peralatan keselamatan yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional,” ujarnya.

Manurut Armadi, pihaknya juga rutin melakukan pengecekan terhadap mesin yang beroperasi perusahaan tersebut. “Sesi training juga dilakukan secara berkala, termasuk di dalamnya pengecekan atau inspeksi secara berkala terhadap mesin-mesin dan perlengkapan safety, yang selalu dipastikan sesuai spesifikasi dan ketentuan yg berlaku,” kata Armadi.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pijak berwenang untuk mencegah, agar kecelakaan kerja tidak terjadi lagi di lingkungan perusahaan PT IKPP.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here