Habis Mangsa Warga Sumsel, Harimau Itu Kini Teror Warga Kampar

Ilustrasi

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Beberapa hari terakhir, warga Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, digegerkan dengan penemuan jejak kaki harimau. Menyikapi temuan tersebut, Tim Rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap. Ini dilakukan untuk memastikan keberadaan satwa dilindungi tersebut.

“Beberapa hari terakhir ditemukan jejak kaki satwa yang diduga Harimau Sumatra,” ujar Humas BBKSDA Riau, Dian Indrati, di Pekanbaru, Sabtu (14/12).

Dian mengatakan, pemasangan kamera trap dilakukan, untuk melacak dan memantau pergerakan Harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae. Kamera trap akan dipasang di beberapa titik.

Tim juga melakukan identifikasi jejak di Km 6 dan Km 7 serta areal sekitar Sungai Sibam. Dua kamera trap dipasang di sekitar titik yang diperkirakan jadi perlintasan si Kucing Besar.

“Di sana banyak ditemukan jejak. Tim memperkirakan bahwa jejak Harimau Sumatra yang dijumpai merupakan jejak tiga hari yang lalu,” jelasnya.

Dia mengatakan, hingga Jumat sore kemarin, tim maupun aparat desa setempat tidak ada menerima laporan keberadaan jejak Harimau Sumatra. “Kegiatan dilanjutkan hari ini untuk monitoring kamera trap,” tambah Dian.

Selain memasang kamera trap, tim dari BBKSDA Riau serta sejumlah instansi terkait lainnya juga melakukan sosialisasi terhadap warga desa. Tim juga melakukan pemasangan poster peringatan dan papan informasi mengenai tips untuk menghindari harimau. (Bayu)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here