Ribuan Hektare Sawah Kekeringan, Warga Aceh Besar Salat Istisqa

salat istiqa
Ilustrasi salat berjamaah. Foto: Eko Deni Saputra/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Ratusan warga Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, melakukan Salat Istisqa atau meminta hujan di Lapangan Bola Desa Siron, Kecamatan Ingin Jaya, pukul 09.00 WIB, Kamis (23/1). Salat tersebut dipimpin oleh Pimpinan Pesantren Ulee Titi, Abu H Athaillah Ishak Al-Amiry.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyatakan jika Aceh Besar sedang dilanda kemarau panjang sejak beberapa bulan kebelakangan ini. Oleh karena itu, pihaknya menyerukan agar warganya menggelar salat minta hujan di daerah masing-masing.

“Mudah-mudahan dengan salat ini Allah memberi kita rahmat dan memberkati Aceh Besar untuk bisa turun hujan dan tanaman-tanaman kita, khsususnya padi bisa baik kembali,” ujar Mawardi Ali usai Salat Istisqa di Desa Siron, Aceh Besar, Kamis (23/1).

Mawardi mengungkapkan, Aceh besar memiliki lahan pertanian sekitar 29 ribu hektare. Tahun ini, kata Mawardi, Irigasi Krueng Aceh hanya mampu mengaliri enam ribu hektare dari yang direncanakan sekitar delapan ribu hektare, sehingga dua ribu hektare mengalami kekeringan dan terancam gagal panen. Selain itu, krisis air di sejumlah lahan pertanian warga juga disebabkan dengan bangunan irigasi yang tersumbat.

“Kerusakan irigasi sudah kita bersihkan, tapi karena memang airnya kurang atau debitnya kurang, sumbernya kurang itu membuat waduk-waduk kita levelnya turun, dengan luasan hektare yang kita aliri tentu ada kawasan sampai tidak teraliri air,” katanya.

Dia juga menuturkan upaya-upaya menanggulangi krisis air bagi sebagian warganya itu telah coba diatasi, seperti membuat sumur bor dan menyalurkan air bersih ke warga.

“Kita sudah upayakan dengan sumur bor, tapi sumur bor bisa membuat sumur galian bisa kering, sehingga tidak memungkinkan. Selain itu juga melalui PDAM, tapi PDAM juga terbatas,” tutur Mawardi Ali. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here