Evakuasi 12 Jenazah Penumpang Heli MI 17 Berlangsung Esok Hari

Tim evakuasi Helikopter MI 17 saat berada di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jayapura– Kodam XVII Cenderawasih memastikan evakuasi 12 jenazah penumpang Helikopter MI 17 dari lereng tebing Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua akan dilaksanakan Sabtu (15/2) pagi.  Proses evakuasi akan dipimpin Komandan Korem 172 Praja Wira Yakthi, Kolonel Infanteri J. Binsar Sianipar dari tebing ketinggian 12.000 feet.

Dua Helikopter Bell 212 milik Penerbad dan PT Intan Angkasa akan diperbantukan dalam evakuasi tersebut.  “Proses evakuasi untuk menurunkan jenazah akan dilakukan besok dengan mengerahkan 2 unit heli Bell 212 milik Penerbad dan milik PT Intan Angkasa,” terang Wakil Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasi, Letkol Inf Dax Sianturi, Jumat (14/2) malam.

Menurut Dax, proses evakuasi dilakukan dengan mempertimbangan kondisi cuaca dan medan yanga ekstrem di Pegunungan Mandala. Jenazah akan dibawa turun ke titik yang dapat dijangkau oleh helikopter.

“Cuaca dan medan sangat ekstrem, jadi tim belum bisa mengevakuasi jenazah sore tadi,” kata Dax seraya menjelaskan tim evakuasi dari Yonif 751 Raider tiba di lokasi puing setelah berjalan mendaki selama kurang lebih 5 jam dari base camp yang dirikan sejak Kamis (13/2).

Sebelumnya, Tim evakuasi menemukan 12 jenazah di lokasi jatuhnya Helikopter MI 17 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat (14/2). Seluruh jenazah ditemukan di sekitar kepingan body Heli MI 17 pukul 12.30 WIT.

Sembilan dari 12 jenazah yang ditemukan dapat dikenali dari pakaian dan atribut yang menempel pada jenazah. Sementara tiga jenazah lainnya membutuhkan proses identifikasi lebih lanjut oleh tim medis. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here