Awas! Mi Mengandung Formalin dan Boraks Beredar di Aceh Besar

Ilustrasi mi mengandung zat berbahaya. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh menemukan makanan mengandung campuran formalin dan boraks di kawasan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. “Kami mendapati 28 kilogram mi mengandung bahan berbahaya di sebuah sarana pembuatan mi di pasar kawasan, Cadek, Aceh Besar,” ujar Kepala BBPOM di Banda Aceh Zulkifli di Banda Aceh, Sabtu (15/2).

Selain itu, petugas BBPOM juga mengamankan 15 kilogram adonan mi bercampur formalin dan boraks, serta menyita lima liter formalin dan lima kilogram boraks. Zulkifli mengatakan adanya temuan mi mengandung zat tak sehat tersebut berawal dari operasi rutin terhadap 32 sampel produksi mi di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

BBPOM menyatakan dari hasil pemeriksaan tersebut, sebanyak 31 sampel dinyatakan aman. Sedangkan satu sampel lagi positif mengandung boraks dan formalin.

“Hasil pemeriksaan laboratorium juga positif mengandung formalin dan boraks. Selanjutnya, petugas mengamankan mi tersebut dari sarana produksinya agar tidak beredar di masyarakat,” ujar dia. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here