Lahan Terus Hangus, Dandim Aceh Jaya: Jangan Lagi Bakar Hutan, Nanti Alam Marah

Asap tebal masih muncul di Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Aceh Jaya – Terbakarnya lahan gambut di kawasan Kayee Lhoen, Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, hingga kini belum padam. Asap tebal masih muncul sampai sekaran.

Komandan Kodim (Dandim) Aceh Jaya, Letkol Czi Arief Hidayat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungannya. Kemudian, bagi para pemilik tanah garapan, agar tidak menggunakan cara-cara instan untuk membuka lahan baru.

‚ÄúSaudara-saudaraku sekalian, jangan lagi membakar hutan, nanti alam marah. Kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita. Sebaliknya, jika kita membakar hutan, maka hutan akan membakar kita,” ujar Dandim Arief, Kamis (12/3).

Seperti diketahui, sekitar 30 hektare lahan gambut di Desa Lueng Gayo, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh terbakar. Kebakaran itu diduga akibat pembukaan lahan baru.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), sekitar 24 hektare lahan yang terbakar di Aceh Jaya telah dapat diatasi. Sementara, sisanya masih dilakukan upaya pemadaman oleh personel TNI-Polri, BPBK, dan unsur relawan lainnya.

“Penyebab terbakarnya lahan gambut di Aceh Jaya salah satunya aktivitas masyarakat berkebun. Masyarakat buka kebun dengan membakar,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Muhammad Syahril di Banda Aceh, Selasa (10/3). (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here