Aparat Menguasai Perkampungan di Tembagapura, KKB Terpojok

Warga perkampungan di sekitar Tembagapura berbondong-bondong mengungsi ke Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika. Foto: Dokumentasi Istimewa

Indonesiainside.id, Timika – Aparat keamanan gabungan Polri dan TNI berhasil menguasai perkampungan di sekiitar Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua yang sempat terbelenggu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). “Kami sudah menguasai kampung-kampung yang diganggu oleh KKB di Tembagapura, sehingga jauh lebih baik,” ungkap Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw kepada wartawan di Hotel Horison Kotaraja, Jayapura, Papua, Jumat (13/3) malam.

Menurut Waterpauw, keberhasilan aparat keamanan menguasai perkampungan menyebabkan KKB terpojok hingga menyingkir ke daerah Pegunungan Botak yang terletak jauh dari Tembagapura. Kelompok tersebut sempat melakukan gangguan di wilayah Kampung Opitawak.

“2 jam lalu saya mengecek kondisi terakhir di Kabupaten Mimika, khususnya di Distrik Tembagapura. Mendapat laporan dari Kapolres Mimika, situasi relatif kondusif, tetapi ada aksi yang dibuat oleh KKB di Kampung Opitawak daerah atas Gunung Botak agak jauh dari Tembagapura,” kata dia.

Mantan Kapolda Sumatera Utara ini menyatakan akan terus melakukan penegakan hukum secara maksimal untuk menghentikan tindakan KKB yang sangat mengkhawatirkan warga sipil di Tembagapura.
Setidaknya 2.000 personel Polri telah dikerahkan Polda Papua untuk mengejar kelompok tersebut di Tembagapura. “Ada 2 ribu personel Polri, kemudian untuk Satuan Tugas lain kurang lebih 3 ribu,” beber mantan Kapolda Sumatera Utara ini.

Soal usulan Menteri Dalam Negeri untuk menambah pasukan di Tembagapura, Jenderal putra Papua ini menyambut baik. Namun sejauh ini, sambungnya, personel yang telah berada di Tembagapura telah mampu menangani kelompok bersenjata.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here