Satgas Penanggulangan Virus Corona di Bali Hasilkan 5 Hal, Apa Saja?

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Denpasar – Satuan tugas (satgas) penanggulangan virus corona menggelar rapat koordinasi. Dalam rapat ini hasilnya ada lima hal yang harus jadi perhatian semua pihak.

Dalam rakor tadi, melibatkan unsur kesehatan, pariwisata, keamanan dan pendidikan. Dewa Made Indra menekankan bahwa wabah covid-19 memicu kegalauan dan kerisauan di berbagai belahan dunia.

Dewa Indra selaku Ketua Satgas, mengaskan agar team dapat melakukan langkah yang cepat, terukur dan terkendali. “Dalam melaksanakan tugas, sesuai protokol yang telah ditetapkan pemerintah yang meliputi lima hal yaitu protokol komunikasi, area pendidikan, area publik dan transportasi khususnya pintu masuk Indonesia dan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Secara garis besar, kata Dewa Indra ada lima hal yang mendesak dan harus segera dilakukan oleh Satgas. Peningkatan kapasitas penanganan penyakit, khususnya di fasilitas kesehatan, dalam hal ini rumah sakit.

Pastikan fasilitas kesehatan mempunyai kapasitas yang memadai untuk mengantisipasi peningkatan eskalasi penyebaran covid-19. Pastikan faskes memiliki kapasitas ruang isolasi dalam jumlah mencukupi dan standar yang memadai.

“Selain itu, tim medis dengan kualifikasi yang memadai juga harus dipastikan jumlahnya agar bisa mengantisipasi peningkatan covid-19,” jelasnya.

Sampai hari ini, kapasitas faskes dan dukungan tenaga medis masih cukup dan memadai. Memastikan ketersediaan sarana yang berkaitan dengan pencegahan dan penularan covid-19 seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan. Pastikan barang ini tersedia, sebab kekosongan stok akan memicu kepanikan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here