Lima Hektare Lahan Terbakar di Aceh

Petugas memadamkan api di Desa Blangtemung, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Rabu (18/3/2020). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Aceh – Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) terjadi di Kabupaten Gayo Lues dan Kota Langsa, Provinsi Aceh, Rabu (18/3) sore. Seluas lima hektare diperkirakan hutan Aceh terbakar dari dua titik lokasi tersebut. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi mengungkapkan, karhutla di Kabupaten Gayo Lues berada di Desa Blangtemung, Kecamatan Dabun Gelang, terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

“Luas lahan yang terbakar di Gayo Lues kemarin sekitar satu hektare. Namun, api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas. Penyebabnya masih diselidiki,” ungkap Sunawardi di Banda Aceh, Kamis (19/3). Sedangkan karhutla di Langsa, lokasinya berada di Desa Cintaraja, Kecamatan Langsa Timur. Karhutla terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, dan dua jam kemudian api berhasil dipadamkan oleh petugas.

“Diperkirakan sekitar empat hektare lahan terbakar di wilayah Langsa. Pihak BPBD Langsa mengerahkan empat armada Damkar dan dua armada suplai air,” ujar Sunawardi. Dalam upaya pemadaman, personel BPBD Kota Langsa turut dibantu oleh pihak TNI, Polri, Tim TRC, pemadam kebakaran, Tim HTL, dan masyarakat setempat. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here