19 Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Potensi Hujan Masih Tinggi

19 Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Potensi Hujan Masih Tinggi

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Sebanyak 19 titik panas terpantau di Provinsi Riau hari ini, Kamis (26/3). Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 19 titik panas itu tersebar di enam kabupaten di Riau, dengan titik terbanyak berada di wilayah Kabupaten Pelalawan.

“Di Kabupaten Pelalawan terpantau ada 7 titik panas. Kemudian di Bengkalis 5 titik dan Kabupaten Indragiri Hilir ada 4 titik. Selebihnya berada di Kabupaten Kepulauan Meranti, Rokan Hilir dan Indragiri Hulu masing-masing terpantau ada 1 titik panas,” kata Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo.

Berdasarkan pantauan melalui citra satelit, 4 titik panas berada pada tingkat kepercayaan rendah, 14 titik dengan tingkat kepercayaan sedang dan 1 titik berada pada tingkat kepercayaan tinggi dan dipastikan merupakan titik api. “Mengacu pada LAPAN, tingkat kepercayaan rendah, sedang dan tinggi jika di konversi kedalam persentase berturut-trut adalah 0-29 persen, 30-79 persen dan 80-100 persen,” tambahnya.

Sementara untuk pantauan cuaca, curah hujan di Provinsi Riau hari ini terpantau cukup tinggi. Hujan telah terjadi di beberapa wilayah sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga malam hari nanti.

“Siang hingga sore hari nanti potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan Kota Pekanbaru. Sedangkan pada malam hari, potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kepulauan Meranti, Dumai, dan Kota Pekanbaru,” tambahnya.

BMKG juga memberikan peringatan dini terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. “Waspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi disebagian wilaya Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi pada siang, sore dan malam hari,” tambahnya. (Bayu)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here