Berisiko Tertular, Diskes Uji Sampel Darah Tenaga Medis yang Tangani Pasien Corona di Riau

Berisiko Tertular, Diskes Uji Sampel Darah Tenaga Medis yang Tangani Pasien Corona di Riau

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan isu, yang menyatakan bahwa terdapat tenaga medis di Riau yang tertular virus corona atau covid-19, dan tengah diisolasi. Dari isu tersebut, disampaikan bahwa tenaga medis terinfeksi usai melakukan kontak langsung dengan satu pasien positif di Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, saat dikonfirmasi membantah isu tersebut. Dia mengatakan bahwa tidak ada tenaga medis di Riau yang diisolasi. Dia menyebutkan bahwa pihaknya melakukan uji sampel terhadap tenaga medis yang menangani pasien positif corona.

“Saya luruskan. Bahwasanya tenaga medis tersebut bukan dilakukan isolasi. Tetapi mereka itu hanya dilakukan swab. Baik tenaga medis yang kontak dengan korban saat di puskesmas, maupun tenaga medis yang di rumah sakit,” jelasnya, Kamis (26/3).

Mimi menjelaskan, uji sampel terhadap para tenaga medis tersebut merupakan prosedur yang memang harus dilakukan. Mengingat para tenaga medis tersebut langsung melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi. Sehingga memiliki risiko tertular sangat tinggi.

Masih dikatakan Mimi, saat ini pihaknya maish menunggu hasil uji sampel tersebut. Dia berharap seluruh tenaga medis di Riau, yang menangani pasien corona, dalam kondisi sehat dan steril dari virus corona.

“Sesuai prosedur, para tenaga medis tersebut memang harus dilakukan swab karena sudah melakukan kontak dengan pasien yang positif covid-19. Saat ini kami masih menunggu hasil tesnya,” tutup Mimi.

Seperti diinformasikan sebelumnya, sampai saat ini pasien positif corona di Riau masih berjumlah satu orang, dan tengah dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Berdasarkan informasi terkahir, pasien sudah dalam kondisi baik. Hasil tes ketiga bahkan menyebutkan bahwa pasien sudah dinyatakan negatif. (Bayu)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here