Kemenkes Tunjuk Dua Laboratorium Ini Jadi Lokasi Pemeriksaan Covid-19 di NTB

Rumah Sakit Universitas Mataram (RS Unram), NTB.

Indonesiainside.id, Mataram – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menunjuk dua laboratorium rumah sakit di Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi lokasi pemeriksaan spesimen virus corona atau Covid-19. Dua rumah sakit itu, yakni RSUD Provinsi NTB dan Rumah Sakit Universitas Mataram (RS Unram).

“Ada penambahan karena sebelum itu Kemenkes menunjuk laboratorium RSUD Provinsi NTB, sebagai lokasi pemeriksaan spesimen Covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan NTB, Nurhandini Eka Dewi, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (26/3).

Dia menerangkan, penambahan satu laboratorium di RS Unram itu berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/216/2020. Dalam SK tersebut, laboratorium yang telah mendapat izin pemerikasaan wabah Covid-19 memiliki tiga tugas.

“Pertama, menerima spesimen untuk pemeriksaan Covid-19 dari rumah sakit atau dinas kesehatan dan laboratorium kesehatan lainnya,” terangnya.

Kedua, lanjutnya, pemeriksaan screening pada spesimen Covid-19 menggunakan form dan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh badan penelitian dan pengembangan kesehatan. Sedangkan, yang ketiga itu mengirimkan seluruh spesimen untuk uji validasi ke laboratorium rujukan nasional COVID-19.

“Alhamdulillah, mulai hari ini kita tidak perlu menunggu hasil pengiriman sampel ke Surabaya dan Jakarta sebagai laboratorium rujukan nasional,” ujarnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here