Ombudsman Sidak Posko Sumsel Tanggap Covid-19, Ini Hasilnya

Ombudsman melakukan sidak Posko Sumatra Selatan Tanggap Covid-19 di halaman kantor gubernur, Kamis (2/4).

Indonesiainside.id, Palembang — Ombudsman Provinsi Sumatra Selatan melakukan sidak ke posko tanggap virus corona (Covid-19) di wilayahnya. Sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman setempat meninjau langsung posko yang berada di halaman kantor gubernur.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatra Selatan, M. Adrian Agustiansyah, mengatakan itu bertujuan memastikan kesigapan petugas, menguji validasi informasi, dan mencari tahu prosedur penanganan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi secara langsung alur pemeriksaan Covid-19. Dia pun menyampaikan beberapa hasil dari sidak yang dilakukannya.

“Banyak informasi yang dapat diambil. Sayangnya, hanya ada petugas pelaksana dan belum dapat menjawab secara rinci pertanyaan seputar informasi yang sudah terpasang di posko itu,” ujar dia di Palembang, Kamis (2/4).

Bukan itu saja, kata dia, Ombudsman pun telah menguji nomor /call cemter/ yang saat ini menjadi rujukan bagi masyarakat Sumatra Selatan yang ingin mendapatkan informasi secara /online/ terkait wabah itu. Dia menyebut, hasilnya dari tiga nomor yang ada hanya dua yang direspon dengan baik.

“Ya, meskipun diketahui nomor itu adalah nomor pribadi langsung anggota satgas dan bukan nomor khusus yang disediakan. Sisanya 119 ext 9 sangat sibuk sehingga sulit untuk terhubung dengan operator,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa pengelolaan /call center/ 119 ext 9 diketahui terpusat secara nasional. Artinya, lanjut dia, itu bukan secara khusus dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan.

“Terkait hal itu, sebetulnya kita harap nomor /call center/ yang ada memang nomor yang disediakan khusus. Jadi bukan nomor pribadi dan dikelola oleh operator atau petugas khusus dari pemerintah provinsi setempat atau satgas penanganan Covid-19 Sumatra Selatan yang menangani informasi itu,” jelasnya.

“Ya, itu agar ke depan tidak membingungkan dan dapat secara total menyajikan informasi kepada masyarakat Sumatra Selatan yang membutuhkan kepastian informasi soal Covid-19. Termasuk juga memberikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat,” tambah dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here