Memakamkan Jenazah Korban Virus Corona, Pemkot Palembang Siapkan Dua Hektare Lahan

Memakamkan Jenazah Korban Virus Corona,, Pemkot Palembang Siapkan Dua Hektare Lahan

Indonesiainside.id, Palembang — Pemerintah Kota Palembang menyiapkan lahan pemakaman khusus seluas dua hektare untuk jenazah yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19). Lahan itu berada di Kecamatan Gandus, Kota Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan bahwa pemakaman jenazah Covid-19 itu kini menjadi pro kontra warganya. Karena itu, pihaknya menyiapkan lahan itu agar warganya tidak merasa khawatir.

“Itu solusinya. Kami siapkan lahan itu khusus untuk pasien positif Covid-19 yang meninggal,” ujar dia dalam keterangannya seusai rapat penanganan Covid-19 di Palembang, Kamis (2/4).

Ia menjelaskan, adanya Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus itu masyarakat tidak perlu merasa khawatir. Dia memastikan, bahwa tidak ada dampak lagi setelah jenazah itu dimakamkan di sana.

“Apalagi sebelum dimakamkan, para petugasnya pasti melakukan prosedur yang berlaku agar jenazah steril dan aman. Jadi warga jangan khawatir,” kata Harnojoyo.

Pemerintah kota setempat pun meminta agar setiap RT di kecamatan di Kota Palembang dapat mendata siapa-siapa saja yang baru datang dari luar kota. Dia menyebut, terutama dari wilayah zona merah Covid-19.

“Jadi bisa mengisolasi secara mandiri selama dua pekan. Dengan begitu wabah itu tidak akan langsung menyebar di setiap wilayah yang ada di Kota Palembang,” tutur dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here