274 Pekerja asal Bali yang Kerja di Spanyol Tiba di Bandara Ngurah Rai

Para pekerja migran diperiksa kesehatannya di Bandara Ngurah Rai. Foto: Hari Santosa/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Denpasar – Sekretaris Satgas Penanggulangan Covid-19 Bali I Made Rentin mengatakan ada 274 pekerja migran Indonesia (PMI) yang tiba di Bali, Kamis (2/4/2020). Mereka tiba dari Madrid, Spanyol dengan menumpang pesawat Air Europa.

Setelah tiba di Bali, para pekerja migran ini menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari cek suhu hingga rapid test. Setelah diperiksa semuanya dinyatakan sehat dan negatif Covid-19.

Rentin mengatakan dengan demikian mereka tak dikarantina. Namun para pekerja ini diwajibkan isolasi mandiri dan diawasi oleh Satgas Covid-19.”Negatif semua segingga tidak dikarantina. Tapi wajib isolasi mandiri sesuai protokol dan diawasi Satgas,” kata Rentin, Kamis sore.

Sementara itu Kepala Otban IV Elfi Amir mengatakan setelah tiba para pekerja ini menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan di area kedatangan internasional. Pemeriksaan meliputi cek suhu, pendataan penumpang dan wawancara, pemeriksaan rapid test, proses imigrasi, baggage claim, dan pemeriksaan bea cukai.

“Apabila dari proses wawancara penumpang memiliki riwayat dari 10 negara endemic (yang dikeluarkan kemenlu) dan atau suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius maka penumpang akan diperiksa lebih lanjut di ruang karantina KKP,” kata Elfi.

ABK yang sudah mendapatkan clearance dari KKP tetap disarankan untuk melaksanakan self-quarantine selama 14 hari.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here