Corona Menekan Angka Kriminalitas di Papua

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jayapura – Wabah virus corona atau Covid-19 yang tengah melanda dunia ternyata berdampak pada sektor keamananan di Papua. Polda Papua mengklaim angka kriminalitas menurun drastis sepanjang Maret 2020.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menyebut jumlah kasus kejahatan konvensional sepanjang Maret menurun 399 kasus atau setara 277 persen dibandingkan pada bulan sebelumnya.
“Kriminalitas pada Februari 2020 mencapai 543 kasus, sedangkan pada Maret 2020 angka kriminalitas sebanyak 144 kasus, sehingga terjadi penurunan 399 kasus atau 277 persen,” terang Kamal, Kamis (2/4).

Penurunan juga terjadi pada kejahatan trans nasional di Papua. Dari 48 kasus pada Februari menjadi 32 kasus pada Maret. “Tren kejahatan trans nasional menunjukan penurunan 16 kasus atau 50 persen,” ujarnya.

Demikian juga kejahatan terhadap kekayaan negara di Papua yang mengalami penurunan hingga 700 persen.“Pada Februari tercatat 16 kasus kejahatan terhadap kekayaan negara, namun pada Maret hanya 2 kasus, artinya ada penurunan 14 kasus,” bebernya.

Bidang lalu lintas turut mengalami penurunan pada kasus kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Papua, kecelakaan menurun 161 kasus atau sekitar 847 persen pada Maret.

“Pada Februari kasus kecelakaan 180 kasus, kemudian Maret hanya 19 kasus kecelakaan, artinya menurun 161 kasus semenjak pandemi corona. Begitupula kerugiaan yang diakibatkan dari kecelakaan menurun Rp 918 juta pada Maret,” kata Kamal.

Polda Papua juga mencatat adanya penurunan cukup signifikan pada pelanggaran lalu lintas sepanjang Maret. Tercatat 3.157 pelanggaran pada Februari, sedangkan pada Maret hanya 256 pelanggaran. “Kita bisa lihat menurun 2.902 pelanggar atau turun 1.133 persen,” terangnya.

Menurut Kamal, menurunnya angka kriminalitas di wilayah hukum Polda Papua ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. Selain itu dampak wabah corona membuat masyarakat untuk berdiam diri di rumah sesuai anjuran pemerintah dan aparat keamanan.

Meski begitu, Polda Papua dan Polres jajaran tetap gencar mengantisipasi terjadinya kriminalitas. Misalnya dengan meningkatkan patroli di seluruh wilayah sekaligus menggelar kegiatan preemtif dan preventif.

“Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat atas partisipasi dalam menjaga situasi kamtibmas di Papua serta mendukung dan melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah terkait dengan penyebaran virus corona di Papua,” pungkasnya.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here