Empat Pasien Corona Sembuh, Dua Kasus Baru Muncul di Merauke

Infografis Covid-19 Papua. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jayapura – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Papua menginformasikan perkembangan kasus Covid-19 di wilayahnya hingga Sabtu (4/4). Total 18 kasus positif di Papua, empat di antaranya sembuh.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silvanus Sumule dalam keterangan persnya via aplikasi zoom meeting, Sabtu (4/4) mengungkapkan adanya kasus positif baru di Kabupaten Merauke.

“Jumlah komulatif kasus positif Covid-19 di Papua, ada 18 kasus. Empat pasien telah dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia, sehingga menyisakan 13 pasien positif yang masih dalam perawatan, dua di antaranya penambahan kasus baru,” terangnya.

Empat pasien yang dinyatakan sembuh hingga Sabtu, kata Sumule, terdiri dari dua pasien di Kota Jayapura dan dua pasien di Merauke. Sementara pasien meninggal di Kabupaten Mimika telah dimakamkan pagi tadi.
“Pasien sembuh yang baru ini ada di Kota Jayapura. Sementara tiga pasien sisanya sudah dinyatakan sembuh pada beberapa waktu lalu,” kata Sumule.

Sumule memaparkan, 13 pasien positif masih menjalani perawatan di empat daerah di Papua. Tujuh pasien di Kota Jayapura, dua pasien di Kabupaten Jayapura, dua pasien di Kabupaten Mimika dan dua pasien di Kabupaten Merauke.

Dua dari 13 pasien positif, sambung Sumule, dalam kondisi sakit berat. Keduanya merupakan pasien dalam perawatan di Rumah Sakit Kota Jayapura. “Dua pasien ini dirawat dengan menggunakan alat bantu pernapasan karena kondisinya sakit berat. Kami mohon dukungan doa untuk semua pasien dan tenaga medis,” ucapnya.

Selain penambahan pasien positif, Papua juga mengalami penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak sembilan orang. Namun, sepuluh PDP yang menjalani perawatan sebelumnya telah dipulangkan.
“Kemarin ada 45 PDP, 10 pasien pulang, namun ada penambahan 9 pasien. Jadi PDP hingga pukul 19.00 WIT mencapai 44 orang,” urainya.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua mengalami penurunan dari 6.723 menjadi 6.392 orang. “ODP hari ini 331 pulang karena dalam 14 hari kondisi stabil, namun tetap dianjurkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari ke depan,” pesannya sembari kembali mengingatkan bahwa masyarakat adalah garda terdepan dalam pencegahan Covid-19. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here