PMI Aceh Utara Kekurangan Stok Darah akibat Pandemi Covid-19

Ilustrasi kantong darah. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Lhoksukon – Pandemi virus corona (Covid-19) ternyata berdampak pada ketersediaan stok darah di Palang Merah indonesia (PMI). Hal tersebut juga terjadi di tanah rencong, khususnya PMI Kabupaten Aceh Utara.

Kasi Mobil Unit Transfusi Darah PMI Aceh Utara, M Chatab mengatakan stok darah di tempatnya mulai menipis. Hal itu terjadi dikarenakan imbauan physical distancing, sehingga pendonor enggan mendonasikan darahnya.

“Menipisnya stok darah terjadi sejak mewabahnya Covid-19, sehingga jumlah pendonor mandiri yang datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya berkurang,” ujar Kasi Mobil Unit Transfusi Darah PMI Aceh Utara, M Chatab, Jumat (10/4).

Chatab menyampaikan, stok darah yang dimiliki PMI Aceh Utara hanya tersisa 25 kantong per Jumat pagi tadi. Menurutnya, jumlah tersebut hanya mampu dipergunakan untuk empat hingga lima pasien saja.

Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada polisi setempat yang melakukan aksi donor darahnya hari ini. Pada kegiatan bakti sosial yang dihelat di Mapolres setempat itu, Jumat (10/4), stok darah PMI Aceh Utara akhirnya bertambah lagi.

Kasubbag Humas Polres Aceh Utara, Iptu Sudiya Karya mengatakan aksi donor darah yang dilakukan pihaknya itu hanya mampu mengumpulkan 48 kantong darah. “Dari 79 personel yang mendaftar ikut donor, hanya 48 orang yang dinyatakan boleh mendonorkan darahnya, sementara lainnya tidak diizinkan akibat berbagai hal lainnya,” ujar Sudiya.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan anak buahnya di seluruh nusantara untuk donasi darah akibat persedian darah di PMI menipis. Perintah tersebut dituangkan melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1127/IV/KEP./2020 tertanggal 7 April 2020.

Dalam isi telegram tersebut, disebutkan bahwa saat ini PMI mengalami kekurangan persedian darah, sedangkan masyarakat sangat membutuhkan darah akibat merebaknya kasus demam berdarah yang juga kini melanda negeri.

“Sebagai upaya untuk membantu PMI, diharapkan kepada para kasatker/kasatwil agar mengimbau para personelnya untuk mendonorkan darah dengan berkoordinasi melalui Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing,” seperti dikutip dari isi telegram tersebut.

Kapolri mengingatkan agar kegiatan donor darah harus dijalani dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here