Camat Ini Jadi Perhatian Warga saat Melayat ke Rumah Duka Keluarga PDP

Camat Mandau Riki Rihardi (tengah) memakai APD ketika melayat ke rumah duka dua PDP COVID-19 yang meninggal dunia di RSUD Mandau. Foto: Antara/Alfisnardo

Indonesiainside.id, Bengkalis – Camat Mandau, Riki Rihardi, bersama jajarannya mengenakan alat pelindung diri (APD) saat melayat ke rumah duka keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang meninggal dunia di RSUD Mandau, Rabu (15/4).

Kedatangan Camat Riki di dua lokasi berbeda rumah duka keluarga PDP meninggal dunia di wilayah itu menyita perhatian warga karena memakai APD dari penularan virus corona jenis baru itu.

“Kami mohon maaf jika tidak nyaman dengan apa yang kami lakukan. Kami hanya menjalankan tugas sesuai aturan,” kata dia kepada pihak keluarga PDP corona, Kamis (16/4).

Dia menjelaskan pemerintah peduli dan berusaha memutus mata rantai penyebaran virus corona itu. Karena itu, katanya, keluarga dan warga yang melakukan kontrak dengan PDP yang telah meninggal dunia harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

“Kami harap keluarga sabar dan tabah menghadapi duka ini. Bagaimana pun isolasi harus dilakukan 14 hari. Selama isolasi ini keluarga tak boleh keluar. Kebutuhan akan kita bantu, termasuk warga yang juga kontak dengan almarhum,” katanya.

Riki berharap bantuan dan santunan yang diberikan pemerintah setempat bisa meringankan beban keluarga. Jika keluarga yang menjalani karantina itu menghadapi kekurangan bahan pangan, pihaknya minta mereka segera berkoordinasi dengan ketua RT dan RW atau lurah setempat.

“Jika nanti ada kebutuhan, hubungi RT, RW, atau lurah agar nanti bisa kita akomodir,” ujar dia yang pada kesempatan itu juga menyerahkan santunan tanda duka kepada keluarga itu.

Untuk mensterilkan kawasan Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dari penyebaran virus corona, Camat Mandau Riki Rihardi berencana melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak.

Penyemprotan tidak hanya di kawasan dua rumah duka PDP itu, akan tetapi di seluruh Kecamatan Mandau.

“Insya Allah, Minggu kita kembali melakukan disinfektan serentak menyeluruh se-Kecamatan Mandau. Ini kegiatan disinfektan lanjutan yang sebelumnya sudah kita lakukan,” katanya. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here