Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Ada Sanksi dan Pos Jaga di Perbatasan Kota Denpasar

Ilustrasi pos jaga di perbatasan. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar akan menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) non PSBB dalam mencegah penyebaran Covid-19. PKM ini rencananya akan diterapkan pada 15 Mei 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan PKM ini akan dituangkan dalam Peraturan Walikota. Saat ini pihaknya masih dalam tahap penyempurnaan poin-poin dalam Perwali tersebut. “Rencananya akam mulai diterapkan pada 15 Mei 2020,” kata Dewa Rai saat dibubungi, Selasa (12/5).

Dewa Rai mengetakan sebagaian besar peraturan dalam PKM sudah diterapkan saat ini. Hanya saja sebelumnya barus sebatas imbauan. Sementara saat ini ada Perwali sebagai landasan hukumnya. Kemudian yang membedakannya yakni adanya sanksi yang akan diterapkan.

Kebijakan yang sudah diterapkan sebelumnya meliputi belajar di rumah, bekerja dari rumah atau work from home (WFH), pembatasan jam operasional kegiatan usaha, dan penutupan tempat hiburan serta obyek wisata. Misalnya jika ada pengusaha yang melanggar maka sanksinya yakni mulai dari teguran lisan, teguran tertulis, penghentian sementara tempat usaha, penutupan usaha hingga pencabutan ijin usaha.

Tambahan lain dalam PKM ini yakni pembuatan 11 pos pantau di pintu-pintu masuk Kota Denpasar. Di pos tersebut akan dilakukan screening para pengendara yang masuk Denpasar.

Adapun 11 titik tersebut dibuat pos pantau terpadu yakni Pos Pantau Induk terletak di Umanyar-Ubung, Pos 1 Ayani di Jalan Ahmad Yani Selatan (Indomaret Darmasaba), Pos 2 Mahendradata di trafic light Gunung Salak, Pos 3 Catur Muka, Pos 4 Imam Bonjol di traffic light Pulau Galang, Pos 5 Biaung di Jalan Prof. IB Mantra, Pos 6 Mina di Jalan Antasura, Pos 7 Penatih di Jalan Trengguli, Pos 8 Tohpati di pos polisi trafic light Tohpati, Pos 9 Diponegoro di tempat pameran Sesetan, dan Pos 10 Gatsu di Jalan Gatot Subroto (perbatasan Denpasar dengan Badung).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here