Mal-Mal di Makassar Mulai Buka, Pemkot Lakukan Pengawasan

Indonesiainside.id, Makassar – Sejumlah mal di Makassar mulai buka hari ini, sejak berakhirnya Pemberlakukan sosial Beeskala Besar (PSBB). Hari ini, Sabtu (23/4), mulai diberlakukan Peraturan Wali Kota (Perwali) dimana pemerintah tetap memberlakukan protokol kesehatan di sejumlah mal.

Dalam Perwali juga masyarakat diimbau agar tetap menjaga jarak jika berada di pusat perbelanjaan ataupun pasar. Sejumlah aparat dari Polisi Pamong Praja menyisir area Mal dan mengingatkan para pedagang, dan pengunjung sejak siang hingga malam.

Aparat Satpol PP yang juga merupakan bagian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar, secara persuasif meminta kepada pengunjung mal untuk tetap mengedepankan Protokol Kesehatan sesuai yang tertuang di dalam Perwali.

Kepala Satpol PP Makassar, Iman Hud menegaskan, pada Perwali 31 Tahun 2020 tentang pedoman Protokol Kesehatan secara resmi diberlakukan hari ini di Kota Makassar. Sebagai aparat penegak perda, anggota Pol PP turun langsung menemui warga untuk mengingatkan bahwa virus Covid-19.

“saat ini virus masih menjadi ancaman di sekitar olehnya itu cara pencegahannya dengan tetap menjaga jarak, memakai masker, dan rutin cuci tangan” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya akan terus turun menemui warga diruang-ruang publik untuk memberi kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan. Berakhirnya PSBB di Makassar bukan berarti kita semua bebas berinteraksi seperti sedia kala. Perwali Protokol Kesehatan yang diterbitkan oleh Pemkot Makassar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan PSBB. Hanya saja Perwali memberi ruang ekonomi agar bisa berdenyut kembali. Namun untuk penegakan aturan tetap diberikan sanksi, baik itu sanksi ringan hingga sanksi yang berat bagi yang melanggar.

Imam juga meminta kepada pemilik usaha untuk memasang papan informasi didepan toko nya masing-masing tentang aturan pengenai Protokol Kesehatan, termasuk sanksi jika melanggar agar masyarakat semakin paham cara memotong mata rantai penyebaran virus ini.

Dari hasil pantauan di lapangan, sejak sore hingga malam, masyarakat ramai mengunjungi Mal dan Pasar. Bahkan di sejumlah pasar tradisional pengunjung terlihat berdesak-desakan.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here