Gempa Guncang Buleleng Terasa hingga Denpasar

Ilustrasi Gempa Bumi. (ANTARA/Harianto)

Indonesiainside.id, Denpasar – Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,4 mengguncang Kabupaten Buleleng, Bali, Rabu (27/5) pukul 11.52 WITA. Gempa tersebut tak menyebabkan tsunami.

Kepala Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar M. Taufik Gunawan mengatakan Getaran gempa terasa hingga Denpasar. Adapun pusat gempa ada di darat pada jarak 20 km barat daya Buleleng, pada kedalaman 10 km.

“Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar seririt. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa Gempabumi ini memiliki mekanisme naik dengan kombinasi geser,” kata Taufik, Rabu siang.

Taufik mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di wilayah Buleleng dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu di Denpasar, Badung, dan Tabanan yang mana getaran dirasakan oleh beberapa orang. Terasa seakan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga pukul 12.15 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here