Kadis Kelautan dan Perikanan Jabar Wafat Positif Covid-19, Istri Anak dan Pembantu Dikarantina

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Muhamad Solihin. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Bandung – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Muhamad Solihin meninggal dunia pada Rabu, pukul 18.45 WIB, di Rumah Sakit Santo Borromeus, Kota Bandung. Ia dipastikan positif Covid-19.

Sekretaris yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar), Daud Achmad memastikan almarhum Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, Muhamad Solihin positif Covid-19 dan dua orang anggota keluarganya diisolasi, termasuk pembantu dan sopir pribadinya.

“Semua anggota keluarga sudah menjalani swab test, hasilnya dua anggota keluarga positif (COVID-19). Mereka akan menjalani isolasi di Gedung BPSDM Jabar,” kata Daud Achmad, ketika dikonfirmasi wartawan, Kamis(2/7).

Daud mengatakan sebelum dinyatakan positif Covid-19, almarhum M Solihin mengalami gejala demam pada Jumat, 26 Juni 2020 lalu kemudian langsung menjalani tindakan di rumah sakit sesuai prosedur penanganan pasien Covid-19.

“Jadi saat itu, menjalani tindakan dengan SOP penanganan Covid-19 seperti tes thorax,” kata Daud.

Daud melanjutkan, almarhum kemudian menjalani swab test sehari setelah masuk ruang isolasi atau Sabtu (27/7).

“Pada hari Senin, 29 Juni 2020 hasil swab keluar dan hasilnya positif (Covid-19),” ujar dia.

Setelah dinyatakan positif, kata Daud, M Solihin langsung menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung

“Pihak rumah sakit sudah melakukan upaya pengobatan, namun Allah berkehendak lain, hingga akhirnya almarhum meninggal Rabu (1/7) kemarin,” katanya.

Kepergian almarhum menjadi berita sedih bagi seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jabar, sedangkan kepemimpinannya selama menjabat turut berkontribusi bagi kemajuan Jabar.

Terkait dengan baru saja Muhamad Solihin dilantik sebagai Kadis Kelautan dan Perikanan setempat pada 12 Juni 2020, Hermansyah berujar bahwa dinas tersebut akan terus melakukan tugas pokok dan fungsi serta menjalankan program-programnya.

“Meski kabar duka ini membuat kita semua terpukul, tapi roda pemerintahan akan terus berjalan di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” kata Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Hermansyah di Kota Bandung.(EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here