239 Orang Terpapar Covid-19 di Kota Batam

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam Muhammad Rudi. foto: antara

Indonesiainside.id, Batam–Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat tambahan seorang yang positif terpapar virus corona, sehingga totalnya menjadi 239 orang yang terdiri dari warga kota setempat, warga daerah lain di Indonesia, dan warga negara asing.

“Terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari ini adalah seorang laki-laki warga Kota Batam,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam Muhammad Rudi, Sabtu, (4/7).

Warga terpapar Covid-19 itu adalah seorang lelaki usia 25 tahun, karyawan perusahaan pipa di Kawasan Industri Kabil/Jabi.

“Yang bersangkutan merupakan satu keluarga inti dari terkonfirmasi kasus nomor 215, 229, 234 dan 237, yang berkaitan dengan erat dengan terkonfirmasi positif nomor 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari Klaster PT FCS Kabil,” kata pria yang juga menjabat Wali Kota BatamĀ itu.

Pasien itu merupakan hasil penelusuran yang dilakukan Tim Surveillance terhadap Klaster PT FCS Kabil. Yang bersangkutan telah menjalani karantina di RS Khusus Infeksi Galang karena hasil tes cepatnya menunjukkan IgG reaktif, sebelum hasil swab tenggorokkannya diketahui hari ini.

“Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, Rudi menyampaikan bahwa mungkin terjadi kasus Covid-19 dari perkembangan klaster yang sudah ada, maupun kasus baru, berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi.

“Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19.

Ia mengimbau seluruh masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah.

“Serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,” lanjut dia. (SD/ ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here