Dirawat Sejak 1 Mei, Remaja Ini Sudah 14 Kali Jalani Tes Swab, tapi Belum Juga Sembuh

Pengujian virus corona pasien. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Tanjungpinang – Seorang remaja di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Riau), mencatat rekor pasien terlama di wilayah itu. Remaja berusia 12 tahun itu mulai dirawat pada 12 Mei 2020 dan telah menjalani tes swab (usap) selama 14 kali. Namun, belum juga dinyatakan sembuh.

“Ini pasien paling lama yang dirawat di RSUP Kepri. Virusnya tidak hilang dari tubuhnya,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, di Tanjungpinang, Sabtu (4/7).

Pasien ini dirawat di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri) lebih dua bulan lalu. Pasien lain yang dirawat bersamaan dengan remaja tersebut, semuanya sudah pulang atau dinyatakan sembuh.

Baca Juga:  Pelepasan Balon Merah untuk Hormati 100.000 Korban Covid-19 Brasil

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang Rustam, mengatakan pasien tersebut dirawat sejak 1 Mei 2020. Dia dirawat di RSUP Kepri bersamaan dengan AP, mantan ajudan Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul (almarhum).

“AP pada 24 Juni sudah sembuh, sedangkan AF masih dirawat,” katanya.

Tim medis sudah melakukan uji usap (swab) atas AF sebanyak 14 kali. Hasil pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), positif mengidap COVID-19.

Pemeriksaan dengan metode PCR dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam pada 27 Juni 2020. “Mudah-mudahan segera sembuh,” ucapnya.

Baca Juga:  Malaysia Berencana Buka Wisata Untuk Zona Hijau

Rustam menjelaskan, remaja tersebut merupakan satu-satunya pasien Covid-19 yang belum sembuh. Sebanyak 23 orang pasien lainnya telah sembuh dari Covid-19. Sementara tiga orang pasien Covid-19 lainnya meninggal dunia. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here