Puluhan Warga Dihukum di Depan Plaza Manahan Solo karena Melanggar Protokol

Puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan saa mengikuti senam bersama di depan Plaza Manahan Solo Jateng, Minggu (5/7/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Indonesiainside.id, Solo – Puluhan warga di Solo dihukum dengan olahraga senam di depan Plaza Manahan Solo, Ahad (5/7), karena melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19. Sanksi itu diberikan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota Surakarta.

Puluhan warga diminta baris berjajar dengan jarak sekitar 1,5 meter dan diminta senam bersama karena tidak mengenakan masker saat beraktivitas di tempat umum. Puluhan warga yang terkena razia Satpol PP tersebut rata-rata masih berusia muda.

Mereka dikumpulkan dengan membentuk barisan di depan Plaza Manahan Solo. Setelah didata identitasnya, mereka diminta senam bersama selama 30 menit.

Menurut Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Agus Sis Wuryanto, puluhan warga tersebut melanggar Peraturan Wali Kota (Perwali) No.10/2020 tentang aturan Protokol Kesehatan. Warga yang terjaring razia itu, ada yang sedang beraktivitas, nongkrong, atau jajan di kawasan Manahan Solo.

“Punishment itu, sebuah sebuah cara untuk mengarahkan tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan tingkah laku yang berlaku secara umum yakni dengan olahraga senam,” kata Agus, Ahad (5/7).

Saat melihat kerumunan, petugas Satpol PP menemukan banyak yang tidak pakai masker. Jika ke depan masih kedapatan lagi mengulangi hal yang sama, maka mereka akan diinapkan di Mako Satpol PP selama satu malam.

Puluhan warga yang terjaring razia itu mayoritas warga Solo dan sebagian warga dari luar kota. Satpol PP Kota Surakarta juga memantau masih banyak warga tak memakai masker di sejumlah pasar modern seperti mal di Kota Solo. (Aza/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here