Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah di Aceh, Total 42 Orang

Ilustrasi swab test. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Dua warga di Provinsi Aceh yang positif terpapar Covid-19 dinyatakan sembuh. Alhasil, total pasien yang bebas dari Covid-19 di daerah berjulukan Tanah Rencong tersebut 42 orang.

Juru bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan, dua warga yang telah sembuh itu berinisial His, 55 tahun, dan EMI, 31 tahun. Selama ini mereka berdua dirawat di respiratory intensive care unit (RICU) dan ruang isolasi pinere RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

“Kami berharap kedua pasien yang baru sembuh ini tetap menjalankan protokol kesehatan di hari-hari selanjutnya agar penyakit itu tidak berulang,” kata Saifullah, di Banda Aceh, Rabu (8/7).

Dia menjelaskan, pria berinisial His tersebut dirawat di RICU sejak Juni lalu, setelah dinyatakan positif Covid-19. Selama 16 hari dalam penanganan medis, His akhirnya sembuh berdasarkan hasil uji usap negatif dua kali berturut.

Sedangkan EMI, kata dia, perempuan asal Banda Aceh yang telah menjalani perawatan selama tujuh hari di ruang isolasi Pinere RSUD Zainoel Abidin. EMI tidak memiliki riwayat ke zona merah, namun pernah berkontak dekat dengan warga terpapar Covid-19.

“Mereka berdua sudah dibolehkan pulang untuk pemulihan kesehatannya di rumah masing-masing,” ucapnya.

Selain itu, jubir yang akrab disapa SAG itu juga menyampaikan penambahan satu kasus Covid-19 di Aceh yang berasal dari Kabupaten Bireuen. Warga yang terpapar itu yakni seorang perempuan paruh baya yang berusia 57 tahun. Hasil pelacakan, pasien ini memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal Covid-19 di luar Aceh.

“Dia berobat ke RSUD dr Fauziah Bireuen karena batuk-batuk. Pasien ini jujur mengaku pernah ke zona infeksius dan tim medis melakukan swab cairan nasofaring dan orofaringnya,” kata SAG.

Secara kumulatif, Aceh telah melaporkan sebanyak 88 kasus Covid-19. Di antaranya 42 orang sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan 43 orang lainnya dalam penanganan medis. (ASF/ANT)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here