Jaga Stabilitas Harga Gula Pasir, Bulog Sulteng Tambah Pasokan

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto meninjau 300 ton gula pasir yang disita dari distibutor ilegal di gudang Pabrik Gula Kebonagung, Malang, Jawa Timur. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Palu – Bulog Sulawesi Tengah dalam waktu dekat akan menambah pasokan gula pasir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok itu di tingkat pengecer agar tetap terkendali.

Kepala Perum Bulog Sulteng, Basirun di Palu, Sabtu mengatakan akan mendatangkan gula pasir sebanyak 300 ton untuk memperkuat stok komoditi pangan tersebut, mengingat permintaan masyarakat yang cenderung terus meningkat.

Bulog selaku BUMN yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat menangani beberapa komoditi pangan, termasuk gula pasir, beras dan minyak goreng, kata dia, terus berusaha menyediakan stok dalam jumlah memadai.

Karena itu, menghadapi hari besar keagamaan seperti Idul Adha, Natal dan Tahun Baru, Bulog harus memastikan ketersediaan pangan secara memadai sehingga bila terjadi gejolak harga di pasaran, langsung melakukan operasi pasar (OP).

Dalam pelaksanaan OP, Bulog tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. “Dan ini sudah kami lakukan selama ini,” kata Basirun yang baru beberapa bulan terakhir ini menjabat Kepala Perum Bulog Wilayah Sulteng.

Mantan Kepala Biro Humas Perum Bulog Pusat itu mengatakan masih memiliki stok gula dalam jumlah memadai, tetapi untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan masyarakat ke depan, makanya langkah yang ditempuh dengan menambah pasokan.

Begitu pula dengan komoditi pangan lain, seperti minyak goreng dan beras. Kalau stok menipis, Bulog akan mendatangkan pasokan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here