Kakak Adik Penyandang Disabilitas di Garut Belum Tersentuh Pemerintah

Anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan (ketiga kiri) bersama kader PDI Perjuangan dan perwakilan Dinas Sosial menemui warga miskin yang menyandang disabilitas. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Garut – Adik kakak penyandang disabilitas dari keluarga miskin di Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengharapkan bantuan pemerintah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan kebutuhan dasar lainnya, karena selama ini tidak mendapatkan bantuan dari berbagai program pemerintah, salah satunya BPJS Kesehatan.

“Ya begitu (harapan bantuan), karena BPJS juga tidak punya,” kata Sri Nuryanti (36) kerabat dari adik kakak penyandang disabilitas fisik dan mental di Kampung Karangmulya, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Rabu (29/7).

Sri mengatakan dua disabilitas itu merupakan adik dan kakak yang selama ini diurus di rumah orang tuanya yang sudah lanjut usia.

Sri menyebutkan adik dan kakaknya itu menderita sakit yang berbeda, untuk kakaknya yakni Nurjaman (40) mengalami gangguan mental sejak tahun 2000 dan adiknya Rahmat Gunawan (33) menderita lumpuh setelah ditabrak mobil tahun 1993.

“Selama ini tinggal di rumah seadanya, kalau yang adik saya tidak bisa bergerak sama sekali, kalau kakak saya hanya begitu saja diam,” katanya.

Ia berharap adanya perhatian dari pemerintah untuk segera membantu mengobati dua saudaranya agar bisa sembuh dan beraktivitas seperti orang pada umumnya.

Harapan Sri itu akhirnya mendapatkan perhatian dari anggota DPRD Garut Yudha Puja Turnawan yang mendapat laporan di media sosial tentang adanya warga kurang mampu yang sakit bertahun-tahun dan membutuhkan perhatian pemerintah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here