Bupati Purbalingga Beri Syarat ke Pemudik yang Pulang

Polisi menghentikan sejumlah kendaraan yang lewat di pintu masuk Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Indonesia, Selasa (19/5/2020). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Indonesiainside.id, Purbalingga – Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi meminta pemudik yang baru tiba di daerah itu untuk menginformasikan riwayat perjalanan kepada ketua RT/RW setempat.

“Pemudik yang baru tiba kami minta untuk lapor ke RT/RW dan membawa surat keterangan sehat atau segera cek kesehatan di puskesmas terdekat,” kata Dyah di Purbalingga, Kamis(30/7).

Selain itu, kata dia, warga yang baru tiba di Purbalingga juga diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, rutin cuci tangan dan tidak berkerumun.

Dyah menambahkan, pihaknya tidak lagi menerapkan pemakaian gelang identitas bagi pemudik seperti saat musim mudik Idul Fitri 1441 H.

“Karena pada saat ini sudah menerapkan adaptasi kebiasaan baru maka yang diutamakan adalah kesadaran masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Dyah menambahkan informasi terkait riwayat perjalanan bisa menjadi salah satu upaya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Bupati juga mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menyosialisasikan mengenai pentingnya penerapan adaptasi kebiasaan baru guna mencegah Covid-19.

“Kami secara intensif menyosialisasikan mengenai adaptasi kebiasaan baru kepada seluruh masyarakat hingga ke tingkat desa dengan melibatkan berbagai pihak termasuk puskesmas,” katanya.

Bupati berharap kegiatan sosialisasi tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat di wilayah setempat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Satu di antara kunci penting dalam memutus mata rantai virus adalah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mari bersama-sama berperan aktif mulai dari melindungi diri sendiri, keluarga hingga lingkungan sekitar,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here