Bupati Bone Bolango Dijemput Secara Adat Untuk Salat Idul Adha

Indonesiainside.id, Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou dijemput secara adat atau Olongia atau penjemputan raja secara adat dari rumah menuju Masjid Al Muttahirin untuk menunaikan Shalat Idul Adha di Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Camat Tapa, Achryl Babyonggo, di Gorontalo, Jumat(31/7), mengatakan penjemputan secara adat tersebut dilakukan dengan dentuman gendang, tarian longgo, dan didampingi pemangku adat.

“Pada penjemputan ini semua menggunakan pakaian adat lengkap,” ujarnya.

Achryl menjelaskan hal itu dilakukan kepada Bupati Hamim Pou sebagai kepala daerah yang bergelar adat “Tauwa Lo Linggua” atau pemimpin yang perangainya baik, santun, dan penyayang.

“Setelah menunaikan Shalat Idul Adha, akan dilakukan doa untuk negeri atau ‘Doa Lo Lipu’,” ungkap dia.

Doa tersebut dilakukan bersama bupati, pemangku adat, dan masyarakat untuk mendoakan agar daerah itu dijauhkan dari berbagai bencana.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang memiliki gelar adat “Tauwa Lo Linggua” atau pemimpin yang berperangai baik mengikuti prosesi adat Olongia (penjemputan raja secara adat) di Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (31/7/2020). Penjemputan Olongia tersebut dilakukan oleh para pemangku adat kepada kepala daerah dari “yiladia” (rumah) menuju masjid untuk menunaikan ibadah shalat Id.(EP/ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here