Satpol PP Pontianak Sita Tabung Elpiji Subsidi di Rumah Makan

Satpol PP dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak berkoordinasi dengan Pertamina Wilayah Kalimantan Barat, kembali menyita sebanyak 15 tabung elpiji subsidi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Pontianak – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak berkoordinasi dengan Pertamina Wilayah Kalimantan Barat, kembali menyita sebanyak 15 tabung elpiji subsidi di sejumlah rumah makan dan warung kopi di kawasan Jalan Purnama, Kecamatan Pontianak Selatan.

“Dari beberapa titik, kami melakukan raziai, ada sebanyak lima belas tabung elpiji tiga kilogram yang kami sita dari pemilik rumah makan dan warung kopi di kawasan Jalan Purnama,” kata Kepala Seksi Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Pontianak, Muhamad Ishak di Pontianak, Senin (3/8).

Dia menjelaskan, razia tersebut  dilakukan karena masih ada indikasi para pemilik rumah makan dan warung kopi yang menurut aturan tidak boleh menggunakan elpiji subsidi lagi, tetapi malah masih menggunakannya. “Hasilnya memang masih ada para pemilik rumah makan dan warung kopi di kawasan Purnama dan Kota Baru yang kedapatan menggunakan elpiji subsidi tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, operasi atau razia itu digelar terkait dengan informasi dari masyarakat bahwa diduga masih ada pemilik usaha seperti rumah makan, dan warung kopi yang menggunakan elpiji subsidi itu. “Penertiban ini sifatnya pembinaan, kepada pelaku usaha yang masih menggunakan elpiji tiga kilogram untuk segera menukarnya dengan tabung elpiji nonsubsidi,” ucapnya.

Dia menambahkan, penertiban ini dilakukan sesuai dengan Permen ESDM No 26 tahun 2018 dan Perda Ketertiban Umum No. 11 tahun 2019, yang mengatur usaha yang memiliki omzet di atas Rp50 juta dilarang menggunakan elpiji subsidi. “Bahkan pelaku usaha itu bisa diberikan sanksi denda Rp500.000, tetapi untuk sementara waktu kami masih melakukan pembinaan, kepada pelaku usaha yang masih menggunakan elpiji tiga kilogram untuk segera menukarnya dengan tabung elpiji nonsubsidi,” ujarnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here