Sebagian Besar Wilayah Kulon Progo Aman dari Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahatujati. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Indonesiainside.id, Kulon Progo – Sebanyak delapan dari 12 kecamatan/kapanewon di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dinyatakan sebagai zona hijau penyebaran COVID-19 berdasarkan tiga indikator dan 15 variabel peta risiko penyebaran COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahatujati di Kulon Progo, Senin, mengatakan delapan kecamatan yang masuk zona penyebaran COVID-19 yakni Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, Kokap, Nanggulan, Sentolo, Galur dan Wates.

Kemudian, empat kecamatan/kapanewon lain yang masuk zona oranye adalah Temon, Panjatan, Lendah dan Pengasih.

“Secara umum, peta risiko penyebaran penyakit menular, Kabupaten Kulon Progo masuk zona oranye. Meski setelah dipetakan kembali ada dua zona yang ada di Kulon Progo, yakni zona oranye dan zona hijau,” kata Baning.

Ia mengatakan pengelompokan dan penilaian zona penyebaran COVID-19 ini berdasarkan tiga indikator yang ditetapkan gugus tugas pusat, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan pelayanan kesehatan. Di dalam tiga kategori itu ada 15 variabel yang menjadi landasan untuk skoring dan penilaian untuk tiap wilayah.

Hasil dari skoring itu menentukan empat kriteria. Pertama wilayah dengan risiko tinggi atau zona merah jika hasil skoringnya antara 0-1,8. Kedua wilayah dengan risiko sedang atau zona oranye dengan hasil skoring 1,81-2,4. Kemudian zona risiko rendah dengan warna kuning itu 2,41 sampai 3 dan terkahir zona hijau.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here