Freeport Bantu 8 Ton Bahan Makanan Untuk Masyarakat Terdampak Longsor

Bantuan longsor untuk Freeport. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Manajemen PT Freeport Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan dengan berat sekitar 8 ton untuk membantu warga terdampak bencana tanah longsor di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

VP Community Development PTFI Nathan Kum di Timika, Rabu, mengatakan, bantuan berupa bahan makanan itu diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika untuk selanjutnya dikirim ke wilayah Aroanop dan Tsinga, kawasan terdampak bencana tanah longsor dan banjir bandang baru-baru ini.

Kampung-kampung yang dilanda bencana tanah longsor di wilayah Aroanop itu antara lain Kampung Jagamin, Baluni, Omponi dan Ainggogin. Sementara di wilayah Tsinga, luapan air Sungai Baka dilaporkan mengikis gedung SDI Tsinga, lapangan dan bangunan honai laki-laki di Kampung Beanegogom.

“Berdasarkan laporan yang kami terima. ada setidaknya delapan rumah warga yang rusak, enam jembatan gantung putus, lalu ada satu bangunan sekolah yang kondisinya miring karena tanah di bawahnya terkikis aliran air. Sampai saat ini belum ada laporan ada warga yang meninggal akibat peristiwa alam tersebut,” kata Nathan.

Nathan yang merupakan putra asli Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura itu mengatakan seluruh karyawan dan komunitas PTFI turut prihatin dengan adanya bencana tanah longsor dan banjir bandang di kampung-kampung permukiman warga Suku Amungme yang tidak begitu jauh dari area pertambangan Freeeport tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here