Masjid Muhammadiyah di Banjarmasin Gratiskan Jaringan Internet bagi Pelajar dan Warga

Dhia Aprilia, Melisa, Nadya dan Piyona murid kelas 6 SDN Alalak Utara 1 Banjarmasin sedang mengikuti proses belajar secara online menggunakan fasilitas wifi gratis di Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin. (Antaranews Kalsel/ohi)

Indonesiainside.id, Banjarmasin – Di tengah tingginya kebutuhan masyarakat khususnya para pelajar dan mahasiswa terhadap akses internet, pengurus Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin menggagas program wifi gratis.

Penggratisan jaringan internet tersebut tak hanya bagi para pelajar dan mahasiswa untuk menunjang sistem pendidikan daring selama pandemi Covid-19. Jaringan internet gratis tersebut diberikan juga kepada warga sekitar.

Ketua Ta’mir Masjid, H Yuherli, menuturkan program wifi gratis bagi masyarakat diharapkan dapat membantu warga yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bagi anak-anak mereka yang kini pola pendidikan masih menerapkan sistem daring (online).

“Sebagai bentuk keprihatinan atas situasi saat ini, dan empati kepada umat, fasilitas jaringan internet (wifi) di masjid ini kita buka untuk umum, dimaksudkan agar warga yang kesulitan membeli kuota untuk sistem pembelajaran anak-anak mereka secara daring, bisa dilakukan di masjid ini,” kata Yuherli.

Keberadaan wifi di Al Muhajirin sebenarnya sudah ada beberapa tahun ini, dan peruntukannya hanya terbatas jamaah dan ta’mir masjid, namun dalam situasi pandemi Covid-19 ini manajemen atau ta’mir membuka untuk umum.

Aktivis sosial ini menuturkan secara tidak langsung wifi gratis bagi umat ini sebagai bentuk dakwah bil hal, karena dengan belajar dan beraktivitas di masjid, maka mereka juga harus mengikuti tata tertibnya, salah satunya harus menutup aurat dan ikut shalat ketika waktunya tiba.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here